Minggu, 07 September 2014

Jenis-Jenis Musik Asia

Jenis-Jenis Musik Asia - Setelah sebelumnya kita membahas tentang Pengertian dan Sejarah Musik Asia. Sekarang kita akan membahas tentang Jenis-Jenis Musik Asia.

Jenis-Jenis Musik Asia

Ada beberapa jenis musik yang ada di Asia. Musik tersebut antaralain; Musik Melayu, Musik Oriental, Musik Hindustan, dan Musik Arab/Timur Tengah.

Jenis-Jenis Musik Asia

1. Musik Melayu

Musik Melayu adalah musik yang tumbuh dan berkembang di negara melayu seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam.

Ciri utama musik melayu adalah menggunakan gendang tradisional atay rebana berukuran besar yang membawa sentuhan dendang dan joged melayu.

Instrumen yang dominan pada musik melayu adalah biola, accordion, dan gong.
Di Indonesia, musik melayu hanya berkembang di daerah Sumatera. Khususnya Riau dan Sumatera Barat.

2. Musik Oriental

Musik oriental adalah musik yang tumbuh dan berkembang di China, Korea, dan Jepang.

Keunikan musik Oriental terletak pada Instrumennya. Khususnya alat musik String baik yang dipetik maupun yang digesek. Suara alat muskinya ketika dimainkan akan menimbulkan suasana ekspresif.

3. Musik Hindustan

Musik Hindustan adalah musik yang tumbuh dan berkembang di daerah India, Pakistan, dan Bangladesh.

Ciri khasnya terletak pada ritme yang ditimbulkan instrumen membraphone yang disebut tabla dan instrumen string yang disebut sitar.

4. Timur Tengah

Musik Timur Tengah adalah musik yang tumbuh dan berkembang di negara Arab dan sekitarnya. Biasa juga disebut irama musik padang pasir.

Musik yang paling menonjol adalah Qasidah lagu bernafaskan islam yang alur nadanya/melodinya berakar/berorientasi pada lagu timur tengah. Syair lagu qasidah meceritakan keagungan Allah, kebesaran Rasulnya, ajakan untuk beramal dan berjihad di Jalan Allah serta anjuran untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya.


Itulah sedikit penjelasan mengenai Jenis-Jenis Musik Asia. Semoga bermanfaat.
Jenis-Jenis Musik Asia
4/ 5
Oleh