Jumat, 25 September 2015

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Handphone

Tips Mempercepat Charging Baterai HP - Pasti seseorang pernah merasakan terjebak pada situasi yang terdesak, sementara baterai smartphone hanya tinggal sedikit dan harus diisi secepat mungkin. Itu sangat manusiawi karena semua manusia mengiginkan semua proses yang dilakukannya berjalan dengan cepat. Apalagi jika orang tersebut sedang buru-buru keluar.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Handphone
Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Jika kamu ada pada situasi tersebut, jangan panik. Sebenarnya ada cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang bisa dilakukan agar pengisian baterai smartphone kamu berjalan lebih cepat dan sangat ampuh untuk Charge HP kamu dua kali lipat dari biasanya. Bahkan kadang cara-cara tersebut merupakan hal sederhana. Kitanya saja yang tidak sadar kalau hal-hal itu justru bisa membantu mempercepat pengisian daya baterai smartphone. Lalu bagaimanakah cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang akan Masterbama sampaikan? Nah simak ya ulasan Masterbama di artikel ini.

1. Jangan melakukan charge HP menggunakan port usb di komputer atau laptop

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Handphone
Jangan Melakukan Charge Di Laptop/Komputer

Kamu bisa melakukan charge hp kamu melalui USB di komputer maupun laptop, tetapi cara ini tidak akan mempercepat prosesnya malah cenderung memperlambat. Selalu gunakan listrik PLN langsung melalui stop kontak. Kalau keadaan darurat dan tidak ada stopkontak di sekitar kamu ya boleh-boleh saja menggunakan port usb di Komputer ataupun Laptop.

2. Gunakan kabel yang khusus untuk charge saja

Maksudnya yang khusus gimana? Tentu ada kok kabel yang dibuat khusus untuk charge, dan kabel tersebut hanya bisa digunakan untuk mengisi daya baterai HP, namun tidak dapat digunakan untuk sambungan data ke Komputer/Laptop.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Handphone
Gunakan Kabel Charge Khusus

Jika kamu ingin charge lebih cepat, tentu saja kamu harus menggunakan kabel charger dimana dapat mengalirkan arus 100% dari output yang dihasilkan oleh charger. Tidak ada perbedaan yang signifikan ketika membandingkan dua kabel tersebut, tetapi kamu baru bisa tahu ketika mencobanya dan merasakan perbedaan waktu yang dihasilkan. Berbeda dengan kabel data yang tidak maksimal dalam mengalirkan arus.

3. Jangan digunakan ketika sedang di charge

Yang membuat proses charge menjadi semakin lama adalah hp tersebut digunakan untuk chatting, browsing, bermain game dan segala aktivitas yang dapat dilakukan di smartphone kamu. Jika ingin lebih cepat, taruh di tempatnya yang keras dan dingin seperti meja atau lantai, jangan di tempat empuk dan yang bisa menyerap panas seperti tempat tidur atau sofa. Selain itu tinggalkan hp kamu ketika sedang mengisi baterai dan sebisa mungkin jangan menggunakan ketika sedang di Charge.

4. Matikan Data Seluler HP kamu

Kapasitas daya pada baterai jelas digunakan untuk operasional smartphone. Sebut saja salah satunya adalah untuk mencari sinyal. Hal ini jelas memakan banyak daya, apalagi jika sinyal yang kamu gunakan untuk konektivitas smartphone adalah sinyal teknologi tinggi seperti 3G atau 4G. Jadi, jika kamu ingin proses pengisian baterai smartphone kamu berjalan lebih cepat, cara mempercepat pengisian baterai smartphone kali ini sangat simple. Ketika re-charging, matikan data seluler smartphone kamu. Dengan begitu, smartphone tidak akan mencari sinyal apapun, baik sinyal dari BTS, WiFi di sekitar tempat kamu berada, serta mencari navigasi keberadaan kamu dengan GPS tetapi masih menerima panggilan masuk yang mana tau penting. Dengan begitu, jelas daya hanya akan tersimpan untuk baterai.

5. Kalibrasi Baterai

Ini yang kadang kita sepelekan. Baterai yang digunakan hingga benar-benar kehabisan daya alias 0%, akan memperpendek umur baterai. Akibatnya, akan sering terjadi ketidaksempurnaan pengisian baterai. Sebenarnya agar tidak mengalami hal itu, perawatan baterai cukuplah mudah. Segera lakukan pengisian ulang (re-charging), minimal ketika baterai sudah ada pada posisi 5%. Jangan terus dipaksa menghabiskannya hingga blank. Setelah itu, rajin-rajinlah melakukan kalibrasi minimal sebulan sekali. Cara mempercepat pengisian baterai smartphone kali ini cukup mudah. Gunakan smartphone kamu hingga baterainya 0%, lalu isi hingga full alias 100% dalam kondisi mati. Cara kalibrasi ini akan membuat baterai lebih awet dan sehat. Baterai yang sehat akan lebih cepat terisi dan tidak cepat habis dibanding yang sudah berkondisi jelek.


Itulah Tips Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone, silakan dipraktekkan sendiri dan semoga bermanfaat bagi Anda tentunya dalam melakukan kegiatan charging smartphone.

Sumber:
Cara Mempercepat Pengisian Baterai Handphone
4/ 5
Oleh