Minggu, 20 Maret 2016

7 Tips Saat Kesulitan Mengerjakan Soal Ujian Tanpa Mencontek

Cara Mengerjakan Soal Ulangan Tanpa Menyontek Atau Berbuat Curang - Artikel ini akan membahas tentang cara-cara apa yang bisa Anda lakukan saat Anda sedang mengalami kesulitan saat menjalani ulangan atau ujian sekolah. Tentunya cara ini adalah murni 100% TIDAK MELAKUKAN KECURANGAN dan sangat mudah di praktekkan dan diterapkan pada saat ujian.

Tentunya sebelum melaksanaan ujian, Anda harus belajar terlebih dahulu di kemarin hari, karena cara ini juga tidak akan berhasil jikalau Anda tidak belajar sebelumnya. Okay .. gausah lama-lama lagi. Mari kita simak bersama tips berikut ini.

TIPS SOAL PILIHAN GANDA


1. Amati, Cermati, dan Hayati Perbedaannya

Salah satu kelemahan soal pilihan ganda adalah homogenitas di tiap opsinya. Nah, biasanya jika si pembuat soal kurang memperhatikan aspek homogenitas ini, maka jawabannya akan terlihat mencolok. Hal ini dikarenakan jawaban akan terlihat paling berbeda dibanding opsi-opsi lainnya. Untuk itu, Anda harus benar-benar pintar mencermati setiap opsi jawaban. Opsi mana yang paling berbeda, itulah jawabannya.

Amati, Cermati, dan Hayati Perbedaannya
Amati, Cermati, dan Hayati Perbedaannya

2. Perhatikan Sekitar Anda

Menurut saya ini tips paling licik karena Anda akan diajari untuk memanfaatkan situasi di mana teman-teman Anda sedang sibuk ngondek sama temannya. Pada saat teman Anda ngondek itulah, Anda bisa dapat jawaban tak terduga. Minimal bisa dapat inspirasi jawaban. Biasanya sih saya tidak sengaja menemukan kondisi seperti ini, tapi ya.. mau bagaimana lagi.

Demi keamanan dan kenyamanan, Anda harus bisa tampil biasa-biasa saja ketika melihat sekitar. Jangan terlalu mencolok dan gugup. Pengawas pasti bisa melihat sesuatu yang aneh yang sedang Anda lakukan. Salah-salah Anda nanti malah dikira ikutan kerjasama dan mau contekan. Yang terpenting Anda jangan langsung percaya sama "jawaban dari langit" tadi. Sekedar dijadikan masukan saja.

Oh iya, kesuksesan tips ini ditentukan oleh seberapa fasih Anda membaca gerakan bibir dan gesture teman Anda yang sedang melakukan transaksi jawaban. 

Perhatikan Sekitar Anda
Perhatikan Sekitar Anda

3. Blok-Jutsu

Ini tips yang biasanya saya lakukan waktu mengerjakan ulangan yang super sulit dimana banyak soal yang tak bisa dikerjakan. Untuk mengatasinya, Anda harus cermati opsi mana yang paling sedikit Anda pilih. Usahakan untuk mengeblok salah satu di antara opsi A, B, atau C. Jangan mengeblok jawaban D atau E karena berdasarkan pengalaman saya kemungkinan jawaban tersebut benar lebih kecil. Amannya A, B, atau C. Pilih salah satu yang paling sedikit dipilih. Hindari silang indah/ngawur karena kemungkinan jawabannya benar lebih rendah. Dengan mengeblok satu opsi saja, maka setidaknya pasti ada satu nomor yang benar.

Blok-Jutsu
Blok-Jutsu

TIPS SOAL ESSAY


4. Tulis Hafalan Anda Sesaat Setelah Menerima Lembar Jawab/Lembar Soal

Trik ini bukan membawa contekan dari rumah ya. Tapi Anda bikin contekan LANGSUNG di ruang ujian/ulangan. Sesaat setelah pengawas ngasih lembar soal atau lembar jawaban, Anda bisa langsung menulis hafalan Anda di sana. Tulis kecil-kecil saja pakai pensil agar mudah dihapus. Saya pernah memakai trik ini saat SD. Dan hasilnya sangat luar biasa. Ulangan saya sangat berhasil mendapatkan nilai tinggi.

Agar trik ini lebih efektif, Anda harus bisa memprediksi materi-materi mana yang sekiranya muncul di soal essay. Kemampuan prediksi ini bisa diperoleh dari mengamati soal-soal tahun lalu atau melihat kisi-kisi dari guru.

Dan perlu diingat! Setelah trik ini selesai, jangan lupa menghapus hafalan yang Anda tulis. Kalau sampai lupa dihapus, salah-salah Anda malah dikira membawa contekan oleh pengawas/guru.

Tulis Hafalan Anda Sesaat Setelah Menerima Lembar Jawab/Lembar Soal
Tulis Hafalan Anda Sesaat Setelah Menerima Lembar Jawab/Lembar Soal

5. Cari Petunjuk Di Soal Pilihan Ganda

Terkadang soal essay/uraian bisa dicari jawabannya di soal pilihan ganda. Setidaknya Anda bisa menemukan soal di pilihan ganda yang berkaitan dengan soal essay (masih satu bab/sub bab). Jadi trik ini berbau keberuntungan saja sih. Walau tidak 100% berhasil menemukan jawaban, setidaknya Anda bisa Menemukan inspirasi jika ada soal essay yang berhubungan dengan salah satu soal pilihan ganda.

Cari Petunjuk Di Soal Pilihan Ganda
Cari Petunjuk Di Soal Pilihan Ganda

6. Gunakan Pertanyaan berikut: "Pak, ini maksud soalnya gimana?"

Trik terakhir ini hanya bisa dipakai ketika pengawas ujian adalah guru mata pelajaran yang sama dengan mata pelajaran yang diujikan pada hari itu. Misalnya pada saat ulangan sejarah, kebetulan pengawasnya adalah guru sejarah Anda. Nah, disitu Anda bisa saja menanyakan maksud soal essay yang tidak bisa Anda kerjakan. Jika Anda beruntung dan guru itu baik hati, beliau akan memberi penjelasan panjang lebar tentang soal essay itu. Jika guru Anda keterusan, siapa tahu guru Anda malah membeberkan jawaban dari soal essay itu. Setidaknya dari penjabaran guru itu, Anda akan mendapat petunjuk buat menuliskan jawaban, minimal punya bahan untuk mengarang jawabannya seperti apa.

Namanya juga nggak mau sesat di jalan, ya harus berani tanya dong.

Gunakan Pertanyaan berikut: “Pak, ini maksud soalnya gimana?”
Gunakan Pertanyaan berikut: “Pak, ini maksud soalnya gimana?”

THE POWER OF TAWAKAL


7. Berdoalah, Pasrahkan Semua Upaya Kepada Tuhan

Semua pasti sudah paham kalau ketika usaha kita sudah maksimal maka yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah bertawakal dan menyerahkan hasil akhir pada Tuhan. Jika dilakukan dengan benar, setidaknya cara ini bisa meredakan kecemasan Anda pada saat tidak bisa mengerjakan soal ulangan. Begitu pula ketika Anda mau mengerjakan soal, mulailah dengan berdoa dulu semoga semua urusan dimudahkan dan dilancarkan.

Berdoalah, Pasrahkan Semua Upaya Kepada Tuhan
Berdoalah, Pasrahkan Semua Upaya Kepada Tuhan

ADDITIONAL TIPS

Ada sedikit tips dari saya yang bisa Anda praktekkan sebelum menghadapi Ujian atau Ulangan.

1. Baca Materi Sesaat Sebelum Tidur

Tiap orang bisa berbeda dalam mengatur jam belajarnya. Jadi tips ini sifatnya berupa tambahan saja karena menurut saya cara ini lumayan efektif buat saya semasa kuliah dulu. Jadi sebelum tidur saya selalu mengulas kembali materi yang besok akan diujikan. Tidak usah mendetail, bacanya sekilas saja yang penting kita dapat gambaran. Kita juga bisa menghafalkan materi yang mungkin keluar.

Tips ini memanfaatkan kecenderungan pikiran bawah sadar kita yang terbuka ketika kita mau tidur. Nah, di saat pikiran bawah sadar kita terbuka itu, berbagai informasi bisa dimasukkan. Jadi misal Anda memasukkan informasi positif, informasi itu bisa mengendap lebih lama di otak Anda. Jadi, hati-hati kalau pas mau tidur Anda malah membuka berita2 yang negatif karena itu bisa mengendap di pikiran bawah sadar.

Kesimpulannya, baca materi sekilas sebelum tidur plus mengingat ulang apa yang Anda hafalkan. Tapi kalau Anda memang sudah sangat ngantuk, lebih baik segera tidur saja. Dan besok paginya baru belajar lagi.


2. Sarapan Itu Penting

Abaikan sejenak diet Anda yang meniadakan sarapan. Buat berpikir kita butuh nutrisi. Otak tidak dapat bekerja optimal kalau perut Anda lapar. Apa jadinya kalau pas lagi khusyu' mengerjakan ulangan perut Anda malah keroncongan? Anda tidak akan bisa fokus karena terganggu hal sepele seperti itu. Apalagi kalau ulangannya pagi pagi. Trust me!, meskipun sedikit Anda lebih bijak kalau sarapan dulu sebelum ulangan.


Itulah tadi 7 tips dan trick + 2 Additional tips yang bisa Anda lakukan ketika terdesak dan tidak bisa mengerjakan soal ulangan. Mayoritas trik itu bisa diterapkan pada mata pelajaran non eksakta. kalau yang eksakta seperti matematika, akuntansi, fisika, dll, itu agak susah karena mapel-mapel itu menyangkut kemampuan Anda dalam berpikir logis. Saran saya kalau memang niat sekolah dan niat ingin bisa dalam ilmu eksakta, Anda les privat saja. Karena lebih susah mahami mata pelajaran yang kaitannya sama sama kemampuan berpikir logis karena kemampuan itu tidak bisa diajarkan, hanya bisa dilatih dan dirangsang dengan latihan intens.


Sumber http://www.kaskus.co.id/thread/566afe7f32e2e60a068b4567/7-tips-licik-saat-agan-kesulitan-ngerjain-soal-ulangan-no-cheat/
7 Tips Saat Kesulitan Mengerjakan Soal Ujian Tanpa Mencontek
4/ 5
Oleh