Jumat, 26 Desember 2014

Cara Tunning/Menyetem/Menyetel Kentrung/Kencrung/Ukulele

Cara Menyetem/Menyetel/Mentuning Kencrung/Kentrung/Ukulele - Kentrung/Ukulele adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini mirip seperti gitar, namun lebih kecil. Ukulele ada yang ber senar 4 adapun yang ber senar 3, tapi kebanyakan yang digunakan adalah senar 4.

Pada artikel ini saya akan membahas Cara Menyetem Ukulele Senar 4. Keempat senar itu adalah A E C G atau G C E A, dibalik sama saja asalkan pada saat menyetem tidak terbalik. Baiklah, ini dia cara menyetem ukulele.

Cara Menyetem Kentrung

Kita sudah mengetahui keempat senarnya yaitu A E C G. Sekarang saya akan menjelaskan bunyi dari keempat senar tersebut. Bunyinya adalah seperti dibawah ini.
A = LA
E = MI
C = DO
G = SOL

Untuk bisa menyetem kentrung, ada 2 cara yaitu yang pertama dengan menyetem secara manual dan menggunakan pendengaran yang kita miliki, yang kedua adalah menggunakan Tuner atau alat sejenisnya. Mari kita bahas kedua cara tersebut.

1). Cara Manual

Inilah cara manual dimana kita harus menggunakan pendengaran yang kita miliki untuk bisa menyetem ukulele. Silakan perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Tunning/Menyetem/Menyetel Kentrung/Kencrung/Ukulele
Nada Senar Kentrung

Mas 'A' itu yang atas apa yang bawah? Berhubung banyak yang bertanya seperti itu dan bingung yang mana yang atas dan yang bawah, jadi saya akan menjelaskannya kepada Anda.

A adalah senar nomor 1
E adalah senar nomor 2
C adalah senar nomor 3
G adalah senar nomor 4

Lalu yang atas dan yang bawah yang mana? Berhubung cara menghitung senar adalah dari bawah, maka :

Senar A adalah yang paling bawah
Senar E adalah nomer 2 dari bawah (diatas senar A)
Senar C adalah nomer 3 dari bawah (diatas senar E)
Senar G adalah yang paling atas (diatas senar C)

Jadi kalau diurutkan dari atas adalah, G C E A.

Itulah sedikit penjelasan agar Anda tidak kebingungan menentukan mana senar yang bawah dan mana senar yang atas. Oke.. kembali lagi ke topik pembahasan.

Cara Menyetem Ukulele (Manual)

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mencari nada LA di senar A (paling bawah). Pencarian nada bisa menggunakan pendenganaran atau bisa menggunakan alat semacam piano. Silakan di putar-putar dulu sampai menemukan nada LA

Selanjutnya Anda harus mencari senar G (paling atas). Caranya adalah jika Anda menekan di fret nomor 2 pada senar G, maka bunyinya akan seperti senar A.

Selanjutnya senar E. Untuk mencarinya silakan Anda pencet pada fret nomor 3, jika suaranya seperti senar G. Maka Anda sudah berhasil menemukan nadanya.

Selanjutnya senar C. Coba Anda tekan fret ke 4, dan sesuaikan supaya bunyinya seperti senar E.

Sekarang coba bunyikan satu per satu dari atas, maka suaranya akan terdengar SOL DO MI LA. Silakan Anda sesuaikan suaranya sampai benar-benar pas. Mungkin ini sangat susah karena harus memiliki pendengaran yang sangat kuat dan peka. Saya akui saja, saya sangat kesulitan dengan cara ini. Sangatlah susah untuk mencari nadanya.

2). Menyetem Menggunakan Alat

Menggunakan alat. Selain akan mendapatkan hasil yang akurat, menggunakan bantuan alat bisa membantu Anda menyelesaikan kegiatan Tuning dengan sangat cepat. Alat-alat yang bisa Anda gunakan yaitu Tuner.

a). Tuner


Alat Untuk Menyetem Kentrung
Tuner - Alat Menyetem

Cara menggunakan tuner yaitu kita bisa memasukkan kabel (yang ada pada gitar) ke dalam tunernya, atau bisa juga tanpa kabel, jadi kita tinggal memetik salah satu senar dan menyesuaikannya dengan tuner.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, pastikan "Garis" yang ada di tuner tepat berada di tengah, itu tandanya nada pada senar tersebut sudah pas/ sesuai dengan nadanya.

b). Software

Untuk alat tuning, bisa juga menggunakan software. Cocok untuk kalian orang-orang pelit hemat yang tidak mau beli tuner. hehehe... Softwarenya bukan sembarang software, melainkan seperti software yang saya miliki ini.

Software Tuner Gstring
Software Tuner

Ini adalah Tuner Gstring, salah satu software android yang fungsinya sama seperti tuner, ya memang ini tuner, hahaha.. Software ini bisa Anda dapatkan di playstore dan tentunya gratis.

Cara kerjanya sama seperti tuner, kita tinggal memilih nada sesuai dengan senarnya, misalnya senar 'C' maka kita harus mencari nada 'C' dan menyesuaikan senar tersebut sampai Garis yang ada di tunernya tepat menunjukkan ke tengah.

Untuk masalah 'Akurat', jangan diragukan lagi. Menurut saya software ini sudah sangat akurat. Untuk kelemahan software ini adalah kita hanya bisa melakukan tunning di tempat yang sepi, jika ramai dan banyak suara, maka tidak akan bisa alias softwarenya bingung mana suara senar yang sebenarnya.

Kedua software diatas tidak hanya bisa digunakan untuk menyetem kentrung, melainkan juga bisa digunakan untuk gitar dan alat musik petik lainnya, asalkan kita mengetahui nadanya.

Mungkin itulah semua Cara Tuning yang saya ketahui, silakan Anda menyetem kentrung yang Anda miliki, terserah dengan cara yang manual atau yang menggunakan software. Semoga berhasil ^_^
Cara Tunning/Menyetem/Menyetel Kentrung/Kencrung/Ukulele
4/ 5
Oleh