Senin, 29 Desember 2014

Cerita Pendek 'Semangatku Tak Sia-Sia'

Cerita Pendek 'Semangatku Tak Sia-Sia' Awalnya ini bukanlah sebuah cerpen, melainkan sebuah laman tentang diri saya sendiri. Tapi setelah dilihat-lihat, saya malah menceritakan pengalaman saya. Yasudah akhirnya saya menjadikan laman ini menjadi sebuah cerita pendek.

Foto Mas Jamal
Hanya Sekedar Foto

Selamat datang di personal blog MASTERBAMA.BLOGSPOT.COM milik saya. Perkenalkan nama saya Jamaluddin, akrab dipanggil Mas Jamal, mungkin nama saya terdengar Ndeso tapi setelah saya pikirkan lebih dalam lagi, nama ini terdengar keren dan membuat orang bertanya-tanya. 1 Kata!, mungkin itulah yang bikin orang terheran-heran dengan nama saya. Tak sedikitpun teman disekolah yang bertanya tentang nama ini. Dia melihat bet nama yang ada di seragam yang saya pakai, dia melihat, berpikir dan pada akhirnya bertanya "Nama lo Jamaluddin aja? gak ada lanjutannya?" Dari situ saya berpikir kalo ternyata nama ini keren, dan hanya sedikit orang yang memilikinya.

Saya adalah seorang Pelajar SMP yang memiliki hobi bermain catur dan menulis. Saya rasa saya cukup pintar bermain catur *kadang juga kalah*, dibandingkan dengan Chessmaster, kepintaran saya adalah 1700/3000 (Diatas 50%). Untuk masalah hobi menulis, jangan ditanya lagi saya adalah seorang blogger yang kerjaannya nulis. "But wait... itu diatas kok main gitar? tapi kan mas jamal gak hobi main gitar?" Jangan percaya kalau saya main gitar, itu hanya Handsing *Lipsing udah mainstream*. Gitar memang gak bisa, tapi setidaknya saya masih bisa bermain kentrung/ukulele meskipun hanya sedikit.

Bicara masalah musik, saya adalah orang yang menyukai musik, tapi saya benci musik yang berbahasa inggris, gimana mau suka? artinya aja gatau. Musik yang saya sukai adalah aliran Reggae dan Ngamen. Jujur saja, lagu-lagu tersebut menggambarkan keadaan penyanyinya, jadi bisa lebih dihayati dan dinikmati daripada lagu galau-galau gajelas yang maksudnya ya itu-itu saja. Beda sekali dengan lagu ngamen, jika didengerin dan dihayati, bisa dipikir kalau lagu tersebut tercipta dari keadaan mereka. Ntah keadaan miskin, keadaan negara ini atau kekasihnya pergi gara-gara orang yang lebih kaya, seperti lagu kesukaan saya yaitu BMG 906 - Seorang Gadis.

Tadi membahas masalah diri Saya, sekarang masalah blog ini. MASTERBAMA.BLOGSPOT.COM adalah blog personal milik saya. "Personal itu apa?" Personal adalah perorangan, artinya blog ini hanya milik saya seorang dan tidak ada seorang pun yang ikut berkontribusi di blog ini selain saya. Untuk asal mulanya nama Masterbama bisa dibaca Disini (Tulisannya agak berantakan).

Masalah perjuangan membangun blog ini, memang untuk membangun blog butuh perjuangan dan niat yang kuat. Mungkin ada yang menganggap blog adalah hal biasa, namun ada juga yang beranggapan kalau memiliki blog adalah suatu kebanggaan tersendiri. Saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya dalam dunia blogging.

Waktu itu bulan November 2013, saya sedang bermain facebook, disana saya melihat ada satu teman saya sedang memproomsikan blognya. Terpikir lah saya untuk mencoba membuat situs web sendiri. Akhirnya saya googling dan menemukan caranya, cara membuat blog. Untuk sobat yang juga tertarik ingin memiliki blog, bisa baca caranya Disini (100% Gratis). Membuat blog cukup mudah, saya yakin semua orang bisa membuat blog dalam waktu kurang dari 5 menit. "Tadi katanya butuh perjuangan, sekarang kok ngomong mudah?" Buatnya sih mudah, ngurusnya susah tau '-'.

Saat blog sudah jadi, hal pertama yang saya pikirkan adalah Mau Nulis Apa? bingung? akhirnya saya berhasil menulis 1 artikel dan kebetulan artikel itu tidak bermanfaat dan saya tidak mau memberitahukannya kepada Anda. Blog udah punya, artikel udah ada 1. Cuma begitu saja saya udah seneng banget, tak lupa pamerin sana sini ke teman-teman kalau saya punya situs web sendiri. Dan apa reaksi teman? reaksinya adalah Gak Ada Yang Peduli!, semua pada cuek, disini saya merasa hebat sedangkan disisi lain hal ini dianggap biasa saja.

Biasa aja, yasudahlah -_-, mungkin ini hal yang biasa bagi kalian. Dari situ saya menganggap ini hanya sekedar hobi dan tidak seperti sebelumnya, semangat saya untuk ngeblog menurun. Hari-hari biasa saya lewati, tak lupa juga menambah postingan. (Disinilah biasanya seorang newbie Gagal, dan tidak bisa menjadi apa yang diinginkannya)

Hari demi hari saya lewati, saya coba melihat statistik blog saat ini, wah ternyata udah 70 penayangan per hari, berarti blog saya dibuka 70x perhari, wow lumayan banyak nih. Dari situ semangat ngeblog saya bangkit lagi dan sekarang saya berpikir bagaimana cara mendapatkan pengunjung lebih banyak. Promosi dan terus promosi sampai akhirnya saya nyepam di grup-grup *Gak malah dapet visitor malah banyak yang marah-marah, mungkin karena saya nyepam ya?*.

Lelah dengan visitor yang masih segitu-segitu aja, akhirnya saya berpikir. Bagaimana ya cara mencari visitor?. Tapi tunggu dulu, kok saya yang cari visitor? bukankah mereka yang seharusnya mencari blog saya? mencari informasi yang saya tulis di blog saya?. Saat itulah saya membalikkan pemikiran saya dan mencoba menulis artikel yang memang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan bukan artikel-artikel sampah seperti sebelumnya.

Beberapa bulan kemudian. Penayangan blog saya tembus 1000 per hari. Gilaa!! banyak banget!. Saya sama sekali tidak ada ilmu blogging sama sekali, saya belajar di internet secara otodidak. Mungkin ini adalah hasil dari apa yang saya perbuat di hari-hari lalu, buah yang didapat dari dari pohon yang saya tanam, dan pohon itu disiram dengan semangat dan dipupuk dengan percaya diri dan rasa optimis.

1 Tahun kemudian, saya sudah kelas 9. Kebetulan waktu itu ada pelajaran yang memberikan suatu tugas yaitu membuat blog. Gausah kerepotan untuk membuat karena saya sudah punya. Temen-temen pada pamerin blognya. Barulah saat itu mereka semua mengerti bagaimana rasanya memiliki situs pribadi sendiri. Ada juga yang bertanya-tanya bagaimana mendapat pengunjung sampai ribuan per hari. Saya jawab aja "Sering-sering bikin artikel, usahakan yang dicari orang banyak"

Dulu 1000, sekarang sih blog ini sudah tidak seperti dulu. Tapi... 5x lipatnya, sekarang bisa sampai 5000 penayangan per hari. Weh.. rasanya sampai gak bisa dibayangin punya blog yang pengunjungnya ribuan. Untuk membuktikan bahwa ini bukan omong kosong, Anda bisa lihat Screenshot statistik blog saya.

Statistik Blog : Desember 2014
Statistik Blog : Desember 2014
Gambar diatas adalah statistik blog saya pada bulan desember 2014 (Mungkin sekarang lebih banayak). Bicara soal pengurus, memang yang urusin blog ini adalah saya seorang diri. Gak ada teman yang bantuin apalagi pacar *Saya gak punya pacar*

Ngomong-ngomong masalah pacar, saya pernah pacaran 1x *Gak saya sebutin namanya*. Jujur saja selama pacaran, banyak aktivitas yang terganggu, banyak yang gak bisa dilakukan. Main game diganggu, nonton tv diganggu, kalau gak dibales dikira gak perhatian. *Mati aja lo!*. Setelah putus, saya gak malah sedih, malahan hidup ini bebas. Kebebasan itu bisa dilihat dari apa yang selama ini saya bikin yaitu blog ini. Bayangkan jika ada pacar, gak bakal ada blog ini.

Memang benar dan sudah saya rasakan, usaha dulu dan setelah sukses baru asmara. Kalau sekarang pacaran, besoknya pengangguran, ya balik lagi aja ke lagu kesukaan saya yang ngamen tadi. Pacarmu akan pergi meninggalkanmu untuk orang yang lebih kaya ^_^.

Tapi sayangnya akhir-akhir ini saya agak males buat nulis postingan, gak seperti dulu yang rajin banget update. Alasannya sih bukan gak ada semangat lagi, tapi bingung mau nulis apa. Yaudah jadi deh sebuah cerpen. Mau baca cerpennya? gak usah dicariin, cerpennya sudah kalian baca. Awalnya saya cuma niat membikin sebuah laman tentang saya *Tentang Mas Jamal*, ehh.. kok malah jadi cerpen?

* -- Update -- *
Cerpen Masuk Google
Masuk Google
Jarang-jarang nih ada cerpen yang bisa update. Barusan saja saya publikasikan cerpen ini di blog saya. Ehh.. taunya udah masuk google aja. Silakan cari sendiri di google dengan keyword "Semangatku tak sia sia"
Cerita Pendek 'Semangatku Tak Sia-Sia'
4/ 5
Oleh