Minggu, 07 September 2014

Pengertian Dan Sejarah Musik Asia

Pengertian Dan Sejarah Musik Asia - Musik Asia, selain mengenal musik Indonesia, tak ada salahnya jika kita juga mengetahui apa itu musik asia. Artikel ini akan membahas mengenai Pengertian dan Sejarah Musik Asia.

Pengertian Dan Sejarah Musik Asia

Pengertian Musik Asia :

Musik asia adalah musik yang berasal dari asia dan dikembangkan didaratan asia serta dimainkan oleh penduduk-penduduk asia.

Sejarah Musik Asia :

1. China

Bangsa China memiliki kekayaan budaya musical yang tumbuh dan berkembang sejak dulu. Pada tahun 1999 ditemukan suling jiahu. Instrument musik tertua di dunia yang terbuat dari tulang dan dibuat kira-kira pada 7000 tahun SM.

Bangsa Cina mempercayai suatu tradisi bahwa bunyi nada yang harmonis merupakan keselarasan alam semesta. Selama lebih dari 2000 tahun Cina dikuasai oleh pengajaran ahli filsafat Confusius yang percaya bahwa musik merupakan gambaran sosial budaya masyarakat yang meliputi berpikir, bertindak, dan mengatur. Oleh karena itu, musik merupakan suatu syarat mutlak yang harus dipenuhi seseorang dengan baik.


2. Jepang

Pada zaman dahulu, musik jepang sangat terpengaruh oleh perkembangan musik dari daratan Cina dan Korea, tetapi lama kelamaan musik jepang memiliki sifat dan ciri tersendiri.

Orkes gagaku (musik Jepang masa lampau) telah ada sejak abad ke-8. orkes gagaku terdiri dari 17 musisi yang bermain instrument perkusi, petik dan tiup kayu. Instrument tiup meliputi flute(ryuteki), oboe(hichiriki), dan harmonica mulut (sho). Instrument petik terdiri dari kecapi bengkok(shoko) dan drum besar(taiko).

Sekitar abad ke-15 musik instrument tunggal, shamisen dan koto menjadi popular khususnya untuk memberikan iringan lagu dan drama musik. Perkembangan musik drama mencapai keemasannya pada abad ke-17, dengan format kabuki dari musik teater tradisional jepang.


3. India

Musik India adalah suatu mozaik dari gaya yang berbeda dan mencerminkan tingkat sosial yang berbeda pula.

Perkembangan musik India dimulai kira-kira semenjak abad ke-2 SM. Bangsa Arya yang berimigrasi ke India mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan musik di India.

Musik bagi bangsa India mempunyai arti tersendiri, yang sangat besar pengaruhnya pada magis, religius, kesusastraan, ilmu, dan seni lainnya.


4. Arab

Musik tradisi Arab diyakini telah ada sejak awal abad ke-3. Budaya musik arab merupakan perpaduan dari tradisi musik dinasti Sassanid di Persia (224-641), tradisi musik awal kerajaan Byzantium (awal abad ke-4- abad ke-6), dan nyanyian religi dari daerah semenanjung Arab.

Berbagai tulisan musik (partitur) baru di temukan setelah berkembangnya agama Islam di Arab, yakni sejak masa dinasti Umayyah pada abad ke-7. puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Harun al Rasyid (766-809) di Bagdad, Irak. Beliau dikenal sebagai pelindung seni musik tradisi Arab. Ahli teori musik yang terkenal adalah Al Farabi (900-950) dan Avicenna (980-1037).

Musik bagi bangsa Arab erat hubungannya dengan magis dan falakiah. Meskipun tradisi musik Arab telah mengalami perubahan beribu-ribu tahun lamanya, mereka tetap memiliki cirri khas tersendiri dalam format musiknya.


Itulah Pengertian dan Sejarah Musik Asia. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Pengertian Dan Sejarah Musik Asia
4/ 5
Oleh