Sabtu, 01 November 2014

Pentingkah Menambahkan Candaan Pada Artikel?

Pentingkah Menambahkan Candaan Pada Artikel? - Memberi candaan pada artikel untuk bisa berinteraksi dengan pembaca. Tak sedikit pembaca yang menemukan artikel dengan candaan-candaan tertentu yang tujuannya adalah agar pembaca seperti berinteraksi langsung dengan penulis. Berikut adalah jawaban mengenai penting/tidaknya candaan tersebut.

Pentingnya Candaan

Pendapat ini adalah menurut saya sendiri selaku pemilik blog ini. Jadi sangat memungkinkan bila adanya perbedaan pendapat tentang pentingnya candaan bagi pembaca. Silakan membaca.

Candaan

Kita akan mulai membahas pengertian candaan terlebih dahulu, lalu saya akan memberikan sedikit contohnya dan yang terakhir adalah membahas penting/tidaknya candaan bagi sebuah artikel.

Apa Itu Candaan?

Candaan adalah sebuah kata/ucapan yang ditulis pengarang/penulis yang bertujuan untuk menghibur pembaca, pada sebuah artikel yang ditujukan kepada pembaca.

Bagaimana Contoh Candaan?

Saya akan menberi contoh candaan pada 1 paragraf dengan tema 'Cara Membuat Facebook'. Kita mulai dari paragraf yang tidak mengandung candaan kemudian paragraf yang mengandung candaan. Silakan lihat perbedaannya.
Untuk membuat sebuah facebook diperlukan akun email. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi www.facebook.com kemudian silakan isi formulir pendaftaran dengan identitas Anda. Jika sudah, silakan klik 'mendaftar'
Sekarang paragraf yang mengandung candaan.
Hai sobat, untuk mendaftar sebuah facebook tentu memerlukan akun email, ya iyalah jelas, masa pake passport?. Okee.. Langkah pertama anda harus mengunjungi www.facebook.com, jangan www.jamal.web.id karena itu blog saya hehehe.. Kalau sudah sekarang silakan isi kolom pendaftaran dengan identitas anda, lalu klik 'mendaftar'.
Nah.. yang saya kasih Garis bawah adalah sebuah candaan. Lalu pertanyaannya adalah, pentingkah candaan itu?...

Apakah Candaan Itu Penting?

Candaan memang sangatlah penting dalam suatu artikel. Selain bisa sedikit menghibur, candaan juga bisa membuat pembaca merasa nyaman dan ingin melanjutkan membaca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Candaan itu memang Penting!.

Candaan memang penting. Namun, jangan berlebihan dalam memberikan candaan kepada pembaca, karena pembaca akan merasa kalau tulisan Anda adalah tulisan yang kebanyakan basa-basi. Dan ini juga perlu diingat, jangan membuat candaan pada artikel yang benar-benar penting atau pada suatu artikel yang berhubungan dengan perkantoran, yang ada Anda malah bisa dipecat wkwkwkw..

Artikel Terkait

Pentingkah Menambahkan Candaan Pada Artikel?
4/ 5
Oleh