Sabtu, 05 Maret 2016

Doa Sebelum Tidur Dan Setelah Bangun Tidur Beserta Artinya

Doa Akan Tidur Dan Sesudah Tidur Beserta Artinya - Tidur merupakan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan di malam hari guna untuk mengistirahatkan tubuh dan mengisi energi untuk keesokan hari. Alangkah baiknya jika sebelum tidur kita membaca do'a terlebih dahulu guna melindungi kita dari hal-hal buruk, seperti ; godaan jin dan syetan, mimpi buruk, dan gangguan-gangguan lainnya. Dan setelah bangun dari tidur, kita juga dianjurkan untuk membaca do'a yang bertujuan sebagai ucapan terimakasih kita kepada Allah SWT karena telah melindungi kita dari hal-hal buruk yang dapat terjadi sewaktu kita tidur.

Doa Sebelum Tidur Dan Setelah Bangun Tidur
Doa Sebelum Tidur Dan Setelah Bangun Tidur

Membaca do'a sebelum dan setelah tidur tentunya juga memiliki banyak manfaat, antaralain ; menenangkan diri, mendekatkan diri kepada Allah, terlindung dari godaan jin dan syetan serta guna-guna, dan jikalau semisal Allah mencabut nyawa kita pada saat tidur, insyaallah kita dalam keadaan khusnul khotimah. Subhanallah, begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan kepada hamba-hambanya yang senantiasa membaca do'a sebelum dan sesudah tidur.

Doa Sebelum Tidur

Ada beberapa do'a sebelum tidur yang dapat kita baca (ucapkan) sebelum kita tidur. Oleh karena itu kita dapat membaca do'a yang mana saja sesuai dengan keinginan kita dan tentunya yang lebih mudah kita hafal. Namun, disini kita akan membahas satu saja do'a sebelum tidur. Karena do'a ini adalah yang paling mudah untuk dihafal dan juga paling sering diajarkan kepada Siswa di Sekolah Dasar. Beginilah bacaan do'a sebelum tidur :
 
بِاسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ
BISMIKALLAHUMMA AHYA WA BISMIKA AMUUT
Artinya : Ya Allah dengan menyebut nama-Mu aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati.


Doa Setelah Tidur

Do'a setelah bangun tidur juga tak kalah pentingnya dengan do'a sebelum tidur. Sebagai wujud terimakasih kita kepada Allah maka hendaknya kita membaca (ucapkan) do'a setelah tidur ketika kita barusaja terbangun dari tidur. Pernahkah Anda merasakan kantuk setelah bangun tidur? Jika pernah, maka bisa jadi itu adalah godaan syetan untuk mengajak kita kembali tidur dan agar kita meninggalkan sholat shubuh. Maka disaat itulah waktu yang paling tepat untuk membaca do'a setelah tidur dan insyaallah rasa kantuk itu akan hilang jika kita senantiasa mengingat Allah SWT. Beginilah bacaan do'a setelah bangun dari tidur :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى اَحْيَانَا بَعْدَ مَا اَمَاتَنَا وَ اِلَيْهِ النُّشُوْرُ
ALHAMDULILLAHIL LADZII AHYAANAA BA'DA MAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSHUUR
Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami dimatikan dan kepada-Nya kami akan kembali.


Mungkin banyak dari kita juga sering membaca do'a yang berbeda dari yang saya sampaikan diatas. Memang do'a tersebut berbeda, namun tujuannya tetap sama yaitu mencari ridha Allah dan perlindungan dari Allah. Anda bebas memilih do'a yang mana saja asalkan do'a tersebut shahih dan hanya bertujuan untuk mengharapkan perlindungan Allah semata.

Sudah tau do'a sebelum dan setelah bangun tidur? Silakan dihafalkan dan diamalkan. Kalau bisa, jangan hanya berdo'a pada saat akan dan sesudah tidur saja saja, usahakan selalu ada do'a disetiap langkah yang kita lewati. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita dari setiap godaan syetan dimanapun kita berada. Amiin.

Artikel Terkait

Doa Sebelum Tidur Dan Setelah Bangun Tidur Beserta Artinya
4/ 5
Oleh