Selasa, 27 Mei 2014

Cara Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Bagi anda yang memiliki Laptop baru maupun lama tentunya ingin laptop tersebut awet dan tahan lama, maka dari itu masterbama akan membahas tentang cara merawat laptop agar tidak cepat rusak.

Tips yang akan kami bagikan kali ini adalah Poin-poin pentingnya saja, untuk yang tidak terlalu penting tidak akan dibahas disini.

Ada dua macam cara perawatan, sebut saja Hardware dan Software.

Hardware :

1. Kebersihan Laptop

Bersihkan laptop secara rutin minimal 1x/minggu, ini bertujuan untuk membuat laptop tetap bersih dan terhindar dari bakteri. Anda bisa membersihkan bagian keyboard dan layar laptop.
Note: Berhati-hatilah jika menggunakan air.

2. Hindari Penggunaan Laptop Yang Terlalu Lama

Penggunaan laptop yang terlalu lama dapat membuat laptop panas dan cepat rusak serta bisa menyebabkan terbakarnya komponen-komponen yang ada didalam laptop. Ini dapat menyebabkan laptop lelet dan sering hang.


3. Gunakan Cooling Fan


Penggunaan Cooling Fan bertujuan agar laptop tidak cepat panas dan memperkecil terjadinya kerusakan pada laptop.

4. Cabut USB Ketika Mematikan Laptop

Jika anda mematikan laptop janganlah lupa untuk mencabut flashdisk, mouse, atau benda benda lainnya yang sejenis. Tidak dicabutnya benda-benda tersebut dapat menimbulkan Karat.

5. Hindari Game Yang Dapat Merusak Keyboard

Jangan bermain game yang dapat merusak keyboard, karena jika keyboard sudah rusak maka akan sulit memperbaikinya, dan kalaupun di servis pasti menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

6. Hindari Alat Elektromagnetik

Alat seperti HP, Speaker, dan alat lainnya yang dapat bergetar serta mengeluarkan gelombang elektromaknetik sebaiknya dijauhkan dari laptop karena dapat merusak harddisk dan data-data yang ada di dalamnya.

7. Rawat Baterai Laptop

Janganlah anda men-charge laptop terlalu lama, ini dapat menyebabkan menggembungnya baterai laptop. Segeralah charge laptop jika baterai sudah dibawah 20%.

Software :

1. Jangan Membuka Aplikasi Yang Terlalu Berat

Membuka game atau aplikasi lainnya yang sangat berat dan dapat membuat laptop menjadi lag sangatlah tidak baik untuk kesehatan laptop. Ini dapat menyebabkan laptop menjadi lelet untuk jangka waktu panjang.

2. Hapus Software Yang Tidak Penting / Jarang Digunakan

Menghapus software yang tidak penting bisa membuat laptop anda semakin cepat dan sangatlah baik bagi kesehatan laptop.

3. Pasang Antivirus

Jika anda sering berinternet menggunakan laptop, alangkah baiknya memasang antivirus agar laptop terhindar dari virus, malware, spyware dan sebagainya.

Itulah Poin-poin pentingnya, silahkan share ke teman-teman anda bila bermanfaat. Salam sejahtera dari blog masterbama.

Artikel Terkait

Cara Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak
4/ 5
Oleh