Minggu, 27 Juli 2014

Cara Agar Pencarian Google Lebih Akurat

Cara Agar Pencarian Google Lebih Akurat - Kalian mungkin pernah mencari sesuatu di google namun hasil pencariannya tidak sesuai dengan yang kalian inginkan. Maka dari itu post ini saya buat untuk memudahkan anda menggunakan mesin pencari google sekaligus membantu anda menemukan lebih cepat sesuatu yang anda cari.

Cara Agar Pencarian Google Lebih Akurat

Untuk menghindari informasi yang tidak relevan maka perlu dilakukan filterisasi pada pencarian. Tiap mesin pencari sudah menyediakan cara untuk melakukan filterisasi keyword (filterisasi kata kunci) agar memudahkan penggunanya untuk menemukan apa yang mereka cari.

Sesuatu yang saya cari di google tidak sesuai dengan yang saya inginkan, mengapa demikian?

Itu karena anda belum melakukan filterisasi pada keyword yang anda ketikkan. Dengan demikian mesin pencari akan menampilkan kata "Apa Adanya" sesuai dengan yang anda ketikkan.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Caranya adalah dengan menambahkan simbol Matematika dan Logika pada keyword yang anda ketikkan. Beberapa simbol tersebut diantaranya adalah Plus (+), Minus (-), dan Tanda Kutip ("...").

1. Tanda Plus (+)
Simbol pertama yang berguna untuk menambah keakuratan dalam pencarian adalah simbol Plus (+). Simbol ini digunakan apabila kalian ingin mencari sebuah artikel lebih dari satu kata.

Misalnya kita mencari artikel yang memuat kata +cara+membuat+blog. Dengan memberikan (+) maka dokumen yang tidak mengandung kata tersebut tidak akan ditampilkan. Hasil pencarian bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Agar Pencarian Google Lebih Akurat
Hasil pencarian menggunakan keyword +cara+membuat+blog

2. Tanda Minus (-)
Simbol kedua adalah Minus (-). Simbol ini dapat diartikan sebagai kecuali. Dengan mengetikkan simbol ini maka mesin pencari akan menampilkan informasi di bagian depan simbol ini, namun tidak pada kata yang ada dibelakang simbol ini.

Misalnya dengan mengetikkan +cara+membuat+blog -website. Sekarang coba perhatikan gambar yang ada diatas tadi, masih ada artikel yang membahas cara membuat website, padahal kita tadi hanya menulis cara membuat blog. Dengan menggunakan Simbol (-) masalah itu akan teratasi. Lihat hasilnya pada gambar dibawah ini.

Cara Agar Pencarian Google Lebih Akurat
Hasil pencarian menggunakan keyword +cara+membuat+blog -website

Bagaimana? Sangat berbeda dari sebelumnya. Dengan menggunakan simbol Minus (-) hasil pencarian yang anda dapatkan bisa dibilang lebih memuaskan dari sebelumnya.

Catatan Penting :
Perlu diperhatikan penggunaan "Spasi" sebelum tanda Minus (-). Jika tidak ada "Spasi" maka mesin pencari tidak membacanya sebagai Minus (-), melainkan sebagai Plus (+).

3. Tanda Kutip ("...")
Tanda Kutip ("...") digunakan untuk memfokuskan pencarian pada keyword (kata kunci) yang benar benar diinginkan. Mesin pencari akan mengindeks kata atau teks sama persis dengan kata kunci yang ada di dalam tanda kutip.

Misalnya dengan mengetikkan "cara ampuh agar blog banyak pengunjung" maka mesin pencari akan lebih fokus mengindeks apa yang anda ketikkan didalam tanda kutip. Hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Agar Pencarian Google Lebih Akurat
Hasil pencarian menggunakan keyword "cara ampuh agar blog banyak pengunjung"

Itulah cara memaksimalkan pencarian google, saya harap dengan mengetahui cara ini anda bisa lebih mudah mencari sesuatu yang anda perlukan dan tidak menuju ke situs-situs yang tidak diinginkan.

Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah-salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Bila ada yang tidak dipahami silahkan berkomentar.

Artikel Terkait

Cara Agar Pencarian Google Lebih Akurat
4/ 5
Oleh