Senin, 15 September 2014

Konten Untuk Pengunjung Atau Untuk Search Engine

Konten Untuk Pengunjung/Pembaca Atau Untuk Search Engine - Dikarenakan banyaknya blogger yang belum memahami untuk siapa Konten/Artikel/Postingan, maka dibuatlah artikel ini untuk membuat para blogger lebih paham mengenai hal tersebut.

Content is king

Sebagai blogger tentu kita sering mendengar istilah Content Is King atau Konten Adalah Raja. Ya!, itu memang benar. Suatu blog bisa dibilang sukses apabila sudah memiliki konten/artikel yang bagus.

Seperti apa konten yang bagus itu? Jika anda bertanya seperti itu maka jawabannya adalah "Konten yang bagus adalah konten yang mengandung setidaknya 400 kata, mengandung tag, bold, italic, dll dan bukan dari hasil copy/paste serta pembahasan yang lengkap & jelas"

Sayangnya sampai sekarang tidak banyak blogger yang memiliki konten yang bagus, kebanyakan dari mereka hanya melakukan copy/paste dan sama sekali tidak memperhatikan kualitas konten yang nantinya akan di publikasikan pada blog mereka.

Konten Untuk Pengunjung Atau Search Engine

Konten Untuk Pengunjung Atau earch Engine? Seorang blogger pernah berkata seperti ini "Mas, saya menulis artikel dengan susah payah, tidak copas dan asli tulisan saya sendiri, tapi kenapa artikel saya tidak masuk pageone google?. Lalu saya juga pernah melihat sebuah artikel yang isinya hanya kumpulan keyword-keyword serta kalimat-kalimat tidak berguna tetapi kok malah bisa berada paling atas di google?"

Nah memang seperti itu, google bukan manusia yang bisa mengetahui isi dari suatu artikel dengan baik. Tapi menurut saya, artikel yang hanya berisi keyword-keyword saja tidak ada gunanya meskipun berada di halaman paling atas di search engine.

Intinya, konten yang dibuat oleh seorang blogger diatas adalah konten untuk pengunjung, sedangkan konten yang hanya berisi keyword-keyword yang tidak jelas tersebut adalah untuk search engine. Sekarang coba perhatikan 2 pertanyaan dibawah ini.

Apakah Konten Untuk Pengunjung?

Ya, tentu! memangnya kalau bukan untuk pengunjung atau pembaca, lantas untuk siapa? 

Apakah Konten Untuk Search Engine?

Tidak! mengapa? Search engine bukanlah manusia, dia tidak memiliki akal dan pikiran, mengapa dia membutuhkan sebuah konten/artikel?


Tapi sudah dibuktikan diatas, seorang blogger yang membuat konten untuk pengunjung malah tidak mendapatkan pembaca. sebaliknya, konten yang hanya mengandung kata kunci saja bisa mendapatkan SERP yang baik.

Jika sebuah pembaca menemukan konten yang hanya berisi keyword/kata-kunci saja tentu mereka akan kecewa karena artikel yang mereka cari tidak ditemukan disitu. Lalu bagaimana untuk mendapatkan pembaca tanpa mengecewakan mereka?

Caranya adalah dengan membuat konten yang Berkualitas. Konten yang mengandung banyak keyword namun penjelasannya lengkap dan tujuannya dibuatnya adalah untuk dibagikan kepada pembaca. Dimana saya dapat menemukan konten yang seperti itu? Mau dimana lagi? Anda sedang membaca konten tersebut.

Intinya konten seperti inilah yang dicari oleh pembaca dan disukai oleh Search Engine. Jika anda menginginkan banyak pengunjung namun tidak mau mengecewakan pembaca, cobalah buat artikel seperti ini.

Sekarang saya mau bertanya kepada anda. Apakah anda kecewa dengan artikel ini? Tentu tidak bukan, anda malah mendapat ilmu dari sini. Apakah Search Engine menyukai artikel seperti ini? Jika anda menemukan artikel ini tepat di pencarian google halaman pertama, itu tandanya Search engine menyukai artikel ini. Sekian semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Konten Untuk Pengunjung Atau Untuk Search Engine
4/ 5
Oleh