Kamis, 04 Desember 2014

Cara Membuat Sinopsis Novel

Cara Membuat Sinopsis Novel - Sinopsis adalah ringkasan atau ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis. Sebelum membuat sinopsis novel, tentunya harus dibuat kerangka novel terlebih dahulu. Kerangka novel dapat diketahui melalui dua cara. Antara lain :

1). Dengan cara menganalisis bab dalam novel. Sebuah novel kadang dibagi atas beberapa bab. Penulisan bab dapat berupa angka romawi, angka arab atau judul bab.

2). Dengan cara menganalisis novel berdasarkan alur atau plot. Untuk membuat sinopsis sebuah novel berdasarkan alur ada beberapa tahap antara lain; Tahap Penyituasian, Tahap Pemunculan Masalah, Tahap Peningkatan Masalah, Tahap Klimaks, dan yang terakhir adalah Tahap Penyelesaian.

Cara Membuat Sinopsis
Cara Membuat Sinopsis

Menganalisis Novel Berdasarkan Alur

1). Tahap Penyituasian

Tahap penyituasian berisi pelukisan dan pengenalan situasi latar dan tokoh cerita. Tahap ini merupakan tahap pembukaan cerita, pemberian informasi awal, atau tahap yang berfungsi melandasi cerita yang akan dikisahkan pada tahap berikutnya.

2). Tahap Pemunculan Masalah

Tahap ini merupakan tahap awalnya muncul beberapa masalah yang dialami tokoh.

3). Tahap Peningkatan Masalah

Masalah yang dimunculkan semakin berkembang dan dikembangkan kadar intensitasnya. Peristiwa-peristiwa dramatik yang menjadi inti cerita semakin mencekam dan menegangkan. Kemudian muncullah konflik.

4). Tahap Klimaks

Konflik yang dialami tokoh pada cerita mencapai titik intensitas puncak. Klimaks sebuah cerita akan dialami tokoh utama yang berperan sebagai pelaku dan penderita terjadinya konflik utama.

5). Tahap Penyelesaian

Konflik yang telah mencapai klimaks diberi penyelesaian, ketegangan dikendorkan, dan konflik-konflik yang lain jika ada juga diberi jalan keluar. Tahap ini merupakan tahap akhir cerirta.

Perlu diketahui bahwa tidak semua cerita akan sama dalam pemberian tahapan alur cerita. Ada cerita yang dimulai dengan tahap klimaks atau bahkan tahap penyelesaian terlebih dahulu baru diikuti tahap-tahap lain. Ada beberapa langkah dalam membuat sinopsis novel. Yaitu:
  1. Membaca dan memahami alur atau rangkaian kejadian dalam novel.
  2. Memahami tokoh dan perwatakannya.
  3. Menentukan gagasan pokok cerita.
  4. Merangkai gagasan-gagasan pokok cerita menjadi sebuah sinopsis.
Itulah Cara Membuat Sinopsis Novel. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Cara Membuat Sinopsis Novel
4/ 5
Oleh