Jumat, 05 Desember 2014

Sifat Qana'ah

Qana'ah

Kita akan mempelajari hal penting tentang sifat qana'ah, seperti pengertian qana'ah, ciri-ciri perilaku qana'ah dan pengaruh qana'ah terhadap diri seseorang.

Membiasakan Perilaku Qana'ah
Membiasakan Perilaku Qana'ah

Pengertian Qana'ah

Qana'ah adalah sifat merasa cukup dengan apa yang ada. Lawan dari qana'ah adalah rakus. Orang yang memiliki sifat qana'ah adalah orang yang kaya, yakni kaya jiwa. Qana'ah disini bukan berarti qana'ah ikhtiar (tidak berusaha), akan tetapi berusaha dengan cukup, bekerja dengan giat, karena hidup berarti bekerja. Sehingga kita dilarang ragu-ragu untuk menghadapi hidup.

Qana'ah merupakan dasar atau basis menghadapi hidup, menyebabkan kesungguhan hidup, menimbulkan energi/ kekuatan kerja untuk mencari rizki. Jadi qana'ah berarti berikhtiar dan juga percaya akan taqdir yang diperoleh sebagai hasil.

Ciri-Ciri Perilaku Qana'ah

  1. Berusaha sekuat tenaga.
  2. Memohon tambahan yang pantas kepada Allah SWT.
  3. Ridha menerima apa yang ada.
  4. Sabar menerima ketentuan Allah.
  5. Tawakkal (berserah) diri kepada Allah SWT.
  6. Tidak tertipu oleh kehidupan dunia.

Pengaruh Sifat Qana'ah Bagi Diri Kita

Sifat Qana'ah adalah sifat yang sangat mulia, oleh karena itu kita ditekankan memiliki sifat qana'ah ini. Selain itu sifat qana'ah akan memberikan pengaruh kepada kita :
  1. Dengan qana'ah hidup akan menjadi tentram dan bahagia, sehingga ada kata bijak yang menyebutkan "Kebahagiaan seseorang tergantung kepada rasa qana'ahnya."
  2. Dijauhkan dari rasa iri, dengki dan rakus.
  3. Digolongkan pada orang-orang yang bersyukur.
  4. Dijauhkan dari angan-angan yang panjang (mungkin tidak bisa dicapai).
Itulah hal penting yang dapat kita ambil dari Sifat Qana'ah. Semoga dapat membuat diri kita menjadi pribadi yang lebih baik dimata Allah Ta'alla, Aamiin!.

Artikel Terkait

Sifat Qana'ah
4/ 5
Oleh