Senin, 21 Maret 2016

Buku 'Hacking' Tidak Akan Membuat Anda Menjadi Hacker

Buku "Hacking" Tidak Akan Membuat Anda Menjadi Hacker - Mengulas seputar masalah kegiatan Hacking dan Hacker(pelakunya). Pada artikel ini saya akan menjelaskan masalah buku tentang Hacking yang kebanyakan beredar di Indonesia khususnya di toko buku ternama seperti Gramedia dan Togamas serta toko buku yang lainnya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan Anda informasi tentang Buku Hacking dan memberikan Anda sedikit Ilmu tentang memilih buku.

Buku "Hacking" Tidak Akan Membuat Anda Menjadi Hacker
Buku "Hacking" Tidak Akan Membuat Anda Menjadi Hacker
Tentunya memang banyak buku hacking yang beredar di toko-toko besar. Dan memang, buku tersebut juga memberikan ilmu seputar hacking. Ada banyak sekali ilmu yang bisa kita dapatkan pada buku tersebut, dari yang mudah sampai yang sulit. Dari nge-hack Facebook sampai nge-hack windows. Namun tahukah Anda kenapa saya mengatakan Buku "Hacking" Tidak Akan Membuat Anda Menjadi Hacker? Mari kita simak bersama-sama.

Buku "Hacking" Tidak Akan Membuat Anda Menjadi Hacker

Alasan mengapa buku hacking tidak bisa membuat Anda menjadi seorang Hacker adalah karena di dalam buku tersebut Anda akan di pandu untuk menghack menggunakan Software yang biasanya telah disediakan dalam "CD Bonus" atau Anda akan diberi link dan disuruh mendownload software tersebut. Itulah mengapa Anda tidak akan bisa menjadi hacker dan lebih pantas disebut sebagai Hijacker(hacker yang menggunakan software/bantuan). Masih belum percaya? mari kita ulas lebih dalam lagi.

Kita ambil 2 contoh saja. Inilah cara buku itu memberikan materi kepada Anda :

Membuat Phising Facebook, Twitter, Gmail

Phising adalah salah satu kejahatan cyber dimana membuat halaman login palsu yang dibuat semirip mungkin dengan halaman login aslinya. Jadi target pembuatan phising adalah agar korban login di halaman palsu tersebut, dan akhirnya password korban akan di ketahui oleh si pembuat phising.

Membuat phising merupakan salah satu trik yang menggunakan Script HTML dan PHP. Tentunya untuk membuat phising diperlukan sangat banyak sekali script atau kode-kode seperti itu. Dan apakah di dalam buku Hacking tersebut membahas satu per satu tentang maksud dan fungsi script atau kode tersebut? Tentu tidak, kita hanya akan disuruh mencopy-paste atau menulis ulang script tersebut. Dan bila saja dijelaskan, pasti tidak seluruhnya.

Cara Deface Website

Deface adalah kegiatan dimana seorang hacker akan mencacati sebuah website. Yang dimaksud mencacati adalah mengganti tulisan-tulisan atau gambar di website tersebut. Si hacker akan seolah-olah menjadi admin website dan mengacak-acak data-data penting website tersebut. Cara deface bisa dilakukan dengan bantuan Joomla, atau bisa juga menggunakan HOIC untuk membuat website target menjadi down lalu mencoba untuk mengupload shell.

Sekarang coba Anda pikirkan. Pertama kita menggunakan HOIC untuk men-Ddos web tersebut agar down. HOICnya darimana? ya! Anda bisa mendownloadnya di google. Atau juga bisa bikin Ddos sendiri dengan CMD. Lalu upload shellnya? tetap saja script atau kode nya kita dapatkan dengan cara copy-paste atau menyalinnya dari buku yang setiap fungsinya tidak dijelaskan secara keseluruhan.

KESIMPULAN

Memang cara tersebut sebagian besar berhasil. Namun apa yang kita dapatkan? kita hanya mendapatkan hasil dan bukan proses. Kita bisa membuat phising dan bisa men-deface namun kita tidak mengetahui maksud dari kode-kode yang kita pakai. Serta kita juga masih menggunakan bantuan software buatan orang lain. Dalam prosesnya pun juga begitu, memakai softwarenya saja masih kebingungan, begitu bisa disebut hacker? tentu tidak belum.

Saya tidak bermaksud untuk merendahkan Anda dan membuat Anda berkecil hati dan tidak berkeinginan menjadi hacker. Namun disinilah untuk memulai hal baru. Cobalah sekedar mempelajari Script atau Bahasa Pemrograman. Coba belajar membuat Perintah pada CMD(Command Prompt) yang ada di komputer. Bikinlah sedikit demi sedikit, seperti kode untuk mematikan komputer, untuk merestart, untuk memformat hardisk atau flashdisk. Dari situ coba kembangkan. Cobalah kreatif dengan mencari trik trik lainnya di google. Anda pasti bisa!


Mungkin itu sedikit yang bisa saya sampaikan tentang artikel Buku "Hacking" Tidak Akan Membuat Anda Menjadi Hacker. Memang tidak semua buku hacking sama seperti yang saya sampaikan tadi. Namun kenyataannya rata-rata buku hacking di Indonesia juga seperti itu. Pintar-pintarlah saat memilih buku, baca dulu bukunya sebelum dibeli, dan jangan sampai membeli kucing dalam karung. Sekian dan Terima kasih.

Artikel Terkait

Buku 'Hacking' Tidak Akan Membuat Anda Menjadi Hacker
4/ 5
Oleh