Rabu, 23 Maret 2016

15 Cara SEO On Page Paling Ampuh

SEO On Page Terlengkap dan Terampuh - Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai Cara Melakukan SEO On Page pada blog atau website. Apa sih SEO On Page itu? Sebelum mempraktekkannya kita akan menjelaskan lebih dulu sedikit mengenai Apa itu SEO On Page.

Cara SEO Onpage
Cara SEO Onpage

SEO On Page pada dasarnya merupakan sebuah cara yang bisa membuat halaman website menjadi lebih SEO Friendly. SEO Friendly adalah sebuah istilah dimana suatu halaman dapat diindex (direcord/direkam) dengan mudah oleh google, agar muncul dihalaman utama google, pastinya ketika halaman website tersebut sudah memenuhi kriteria Seo On Page. Hal tersebut seperti yang dijelaskan pada Wikipedia tentang SEO.

Lalu bagaimana cara melakukan SEO On Page? Caranya cukup mudah, kita hanya perlu sedikit bermain-main dengan blog kita, membuatnya lebih cantik di mata google. Apakah susah? Tentu tidak. Caranya sangatlah mudah, jadi saya menyarankan agar Anda menikmati secara keseluruhan apa yang akan saya jelaskan mengenai SEO On Page.

Cara SEO OnPage

1. Judul Artikel (Title) Harus Mengandung Keyword

Judul Artikel merupakan hal yang sangat vital dalam SEO, dan juga merupakan hal yang teramat vital dalam menarik pengunjung untuk datang lalu membacanya. Sehingga pembuatan judul artikel selain harus mengandung keyword yang ditargetkan, haruslah betul-betul mampu menarik emosi dari para pembacanya. Entah itu emosi yang langsung membuat penasaran, senang, gembira dan tertawa, sedih, maupun kesal dan marah. Usahakan di awal kata sudah mengandung keyword. Karena kita sebelumnya bereksperimen dengan keyword madu, lalu menghasilkan kata manfaat madu, khasiat madu dan lain-lain maka judul pun harus memicu rasa penasaran orang, misalkan “Manfaat Madu Mencegah Penyakit Akut Mematikan!” atau misalkan “Khasiat + Manfaat Madu Memperpanjang Usia”. Atau yang lebih ekstrem lagi “Manfaat Madu Membuat Wajah Ganteng”. Bagaimana mengaplikasikannya akan dijelaskan di bab ini.

2. Keyword Muncul Di Awal Kalimat Paragraph Pertama

Dalam hasil eksperimennya terhadap algoritma googlebot, SEO Pressor akhirnya membuat sebuah kesimpulan bahwa keyword harus muncul pada awal kalimat paragraf pertama dari suatu artikel. Tidak harus benar-benar kata pertama di awal kalimat, namun diusahakan keyword di letakkan pada awal kalimat di paragraf pertama dari sebuah artikel. Bagaimana mengaplikasikannya akan dijelaskan di bab ini.

3. 10 Kata Pertama Mengandung Keyword

Kalau memang keyword itu tidak bisa diletakan di kata pertama, maka di usahakan keyword muncul di sepuluh kata pertama. Mengapa seperti itu? karena pada faktanya ketika Anda mencari sesuatu di google dan mengetikan suatu keyword maka google akan menampilkan hasil pencariannya berikut dengan kalimat pertama mengandung keyword yang dicari. Sehingga semakin didepan keyword yang diletakkan maka semakin memperkuat kedudukan halaman Anda untuk ditampilkan di halaman pertama google untuk keyword tersebut. Bagaimana mengaplikasikannya akan dijelaskan di bab ini.

4. Beri style Bold (B), Underline (U) dan Italic (I)

Keyword yang muncul di awal kalimat tadi dianjurkan untuk diberikan style bold (B), underline (U) maupun italic (I). Saran ini dianjurkan oleh Mac Famous, Mac famous adalah blogger yang sudah sering menang kontes SEO dalam negeri. Dan pernah juga menang di kontes SEO skala internasional. Bagaimana mengaplikasikannya akan dijelaskan di bab ini.

5. Keyword Dengan Style Bold (B), Underline (U) dan Italic (I) Muncul Lebih Dari Sekali

Dalam keseluruhan artikel diusahakan keyword dengan style bold (B), underline (U) dan italic (I) muncul lebih dari sekali. Untuk memenuhi kriteria tersebut dan agar tidak merusak pemandangan pembaca, bagusnya ambil 2x saja setiap satu postingan. Bagaimana mengaplikasikannya akan dijelaskan di bab ini.

6. Heading Tag H1,H2 dan H3 Mengandung Keyword

Disetiap artikel diusahakan di dalamnya terdapat heading artikel H1, H2 dan H3, biasanya heading tag H1 itu sudah pasti tentu diberikan kepada Judul Artikel, namun h2 dan h3 digunakan pada sub sub judul pada artikel tersebut. Pastinya trik ini digunakan untuk artikel yang lumayan panjang pembahasannya. Silahkan mengaakali untuk artikel yang pendek. Bagaimana mengaplikasikannya akan dijelaskan di bab ini.

7. Capai Keyword Density Dalam Satu Postingan 3 – 5 Keyword

Keyword yang paling baik, adalah keyword yang terdapat dalam sebuah artikel. Suatu kata bisa disebut sebagai keyword ketika kata tersebut diulang lebih dari 1 kali pada artikel tersebut. Paling tidak Anda perlu mengulang keyword yang ditargetkan itu minimal 3, dan maksimal adalah 5 untuk setiap kali artikel dibuat. Dan untuk ngecek keyword density silahkan menuju keyworddensity.com. Atau anda bisa menggunakan SEO Quake untuk plugin browser Anda , yakni Chrome maupun Firefox. Perihal bagaimana mengaplikasikannya akan dijelaskan di bab ini

8. Jumlah Kata Usahakan Minimal 500 Kata

Untuk search engine google,500 kata merupakan hal yang cukup dianggap penting bagi google untuk melirik postingan Anda. 500 kata ini tentunya juga bukan kata-kata yang diaduk sembarangan, tapi juga bermanfaat untuk user yang membacanya. Jika setiap postingan Anda mampu membuat minimal 500 kata, maka bukan hanya google yang dengan mudah datang terus untuk mengindex website Anda, namun orang-orang pun akan menganggap artikel Anda bermanfaat sekaligus solutif sehingga jangan heran jika orang-orang terus berdatangan untuk betah berlama-lama membaca artikel yang Anda buat.

9. Link Ke Trusted Site

Usahakan salah satu kata keyword yang ingin Anda capai mengandung outbond link ke situs terpercaya, tentunya dengan bahasan yang sama. Contohnya bisa Wikipedia. Mengapa harus bahasan sama? Karena google mengeluarkan algoritma terbaru yang bila Anda tidak melink ke situs yang bahasannya sama maka situs Anda kemungkinan akan mendapatkan blacklist, atau prediket di mata google menjadi turun. Contohnya misalkan seperti ini, saya membuat artikel madu, kemudian orang datang untuk mencari informasi mengenai madu, namun dalam artikel tersebut melink ke halaman yang berisi informasi mengenai senapan angin, yang jelas pembahasan jauh berbeda. Apa yang dilakukan olah pengunjung tersebut? Akan kabur bukan? Karena tidak nyambung pembahasannya. Perihal bagaimana mengaplikasikannya kita akan membahasnya di bab ini.

10. Buat Internal Link

Berikan internall link ke postingan anda yang lain, yang bahasannya itu mirip-mirip, atau kalau postingan tidak mengandung bahasan yang sama dengan keyword silahkan link ke postingan itu sendiri. Ini dimaksudkan agar google itu terus menerus berkeliling diwebsite Anda, dan mengindex halaman kalau-kalau ada halaman yang baru.

11. Keyword Muncul Di Kalimat Terakhir

Peletakkan keyword tidak hanya di awal paragraf dan ditengah-tengah artikel, namun juga biasanya keyword yang diberi style bold (B), underline (U) dan italic (I) itu diletakkan di paragraf akhir, di akhir kalimat. Begitulah kriteria untuk algoritma google saat ini

12. Gambar Mengandung ALT

Artikel yang baik itu memiliki gambar yang relevan berkaitan dengan artikel tersebut, hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan daya tarik pembaca, dan pembaca tidak melulu diperlihatkan teks semata, namun gambar mata bisa sedikit beristirahat, di google gambar juga sangat diperhitungkan, terutama pada ALT yang mengandung keyword diletakkan pada atribut gambar. Bagaimana menerapkannya akan dijelaskan di bab ini.

13. Meta Description Mengandung Keyword

Usahakan keyword berada di awal kata meta description. Selain judul artikel, meta description pun harus memancing hasrat orang yang mencari itu untuk mengklik. Bagaimana cara mengaplikasikannya akan dijelaskan dibab ini.

14. Meta Tag Mengandung Keyword

Meta tag harus mengandung keyword. Usahkan keyword yang di targetkan berada di awal kata meta tag. Bagaimana cara mengaplikasikannya akan dijelaskan dibab ini.

15. URL Mengandung Keyword

Biasanya apabila judul sudah mengandung keyword maka secara otomatis url akan sama dengan judulnya. Ini seperti fitur permalink pada wordpress. Bagaimana cara mengaplikasikannya akan dijelaskan di bab ini.

 KESIMPULAN

Bagaimana, apakah Anda bisa dan sudah melakukan serta mempraktekkan semuanya? Jika Anda masih bilang ini susah, maka Anda telah melakukan kesalahan besar!. Sekarang coba lihat artikel yang habis Anda baca barusan, iya artikel tentang Cara SEO On Page ini, saya sudah berhasil mengaplikasikan sebagian besar SEO On Page di artikel yang sedang Anda baca ini. Jadi bagaimana? mudah bukan. Silakan di praktekkan sendiri dan rasakan sendiri apa hasil yang Anda dapatkan.

Artikel Terkait

15 Cara SEO On Page Paling Ampuh
4/ 5
Oleh