Senin, 11 April 2016

Metode Dakwah Secara Online

Metode Dakwah Online - Assalamualaikum wr. wb. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang salah satu metode dakwah online. Dakwah ini bisa saja disebut dengan dakwah bil-qolam(dengan pena/tulisan) atau bisa juga disebut dengan dakwah bil-kitabah(dengan buku). Namun saya lebih suka menyebutnya dengan Dakwah Melalui Blog.

Metode Dakwah Secara Online
Metode Dakwah Secara Online

Di era dunia yang sudah maju seperti sekarang ini, kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi melalui internet, kita juga bisa berbagi di internet, dan tentunya kita juga dapat melakukan dakwah di internet yang pastinya melalui media blog atau website.

Pasti Anda sekalian memiliki pertanyaan seperti ; Kenapa harus melakukan dakwah secara online?, apa untungnya melakukan dakwah secara online? Pertanyaan tersebut sering sekali saya dapat. Maka dari itu sekarang saya akan menjawabnya. Silakan disimak baik - baik.


Kenapa Melakukan Dakwah Secara Online?

Dakwah merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

Sampaikanlah Dariku Walau Hanya Satu Ayat
Artinya : Sampaikanlah Dariku Walau Hanya Satu Ayat (HR. Bukhari)

Dakwah bisa dilakukan melalui media apa saja, yang tentunya dakwah tersebut tetap berteguh pada Al-qur'an dan As-sunnah dan tidak menjauhkan atau malah menyesatkan dari ajaran Allah. Banyak sekali metode dakwah yang bisa dilakukan oleh kebanyakan orang, tergantung dari kemampuan pe-dakwah tersebut.

Kenapa harus dakwah online? Dengan melalui metode dakwah online ini, Anda dapat dengan mudah melakukan dakwah. Anda tidak perlu berdiri diatas mimbar, tidak perlu takut dan khawatir merasa gugup. Karena SIAPA SAJA dapat dengan mudah melakukan dakwah dengan metode online. Tidak peduli Anda seorang pemalu, tidak bisa berbicara dengan lancar, anak kecil, SMP, SMA, Kuliah, semuda dapat melakukan dakwah online ini.


Apa Keuntungannya?

Keuntungannya sangat banyak, maka dari itu saya akan menjelaskan keuntungan utamanya saja. Antara lain :

Semua Dapat Melakukannya

Seperti yang saya katakan diatas tadi, semua orang dapat melakukan dakwah secara online, bahkan anak - anak dengan kemampuan khusus sekalipun.

Sekali Dakwah, 1000 2000 Orang Membaca

Cukup saja sekali Anda membuat Artikel, dan artikel itu muncul di google. Maka semua orang dapat melihat artikel dakwah Anda di google, dan untungnya lagi artikel tersebut akan terus berada di google dan semua orang dapat membacanya.

Mendapat Pahala Kebaikan Terus Menerus

Jika 1 artikel Anda dibaca oleh 1000 orang per hari, maka berapa pahala yang Anda dapat?, itu jika Anda membuat 1 artikel, kalau membuat ratusan bahkan ribuan artikel? Insyaallah apa yang kita lakukan tidak akan sia - sia pada diri kita maupun orang lain, akan selalu bermanfaat bagi kebaikan orang di dunia maupun di akhirat.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Cukup mudah untuk melaukan dakwah online. Anda hanya perlu membuat blog dan menulis artikel, setelah itu Anda dapat menyebarkan Artikel Dakwah yang telah Anda tulis di social media atau bisa juga men-submitnya di google. Untuk cara membuat blog silakan Anda baca artikel Cara Membuat Blog.

Tentunya di dalam artikel yang Anda buat tersebut minimal setidaknya terdapat 1 ayat al-qur'an atau 1 hadits di dalamnya. Anda juga dapat membuat artikel yang bermanfaat lainnya, seperti kumpulan doa - doa sholat, doa sehari hari misalnya ; doa sebelum & sesudah makan, doa sebelum & bangun tidur, dan lain-lain.


Itulah yang bisa saya sampaikan tentang Metode Dakwah Secara Online. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Atau mungkin Anda membutuhkan sebuah materi untuk kultum tentang dakwah online, saya sudah menyiapkannya, silakan Anda download di https://drive.google.com/open?id=0B9UGFKff4F_ROWdmdWVpUVBLaDQ. Sekian terimakasih, Wassalamualaikum wr.wb.

Artikel Terkait

Metode Dakwah Secara Online
4/ 5
Oleh