Sabtu, 09 Agustus 2014

Cara Mengatasi Facebook Yang Terkena Autolike

Cara Mengatasi Facebook Yang Terkena Autolike - Assalamualaikum sobat, saya selaku admin blog masterbama ada sedikit pengalaman buruk tentang autolike.

Say no to autolike

Ini semua berawal ketika saya membuka Profile facebook saya dan melihat Activity Log (Log Aktivitas). Disitu saya melihat Facebook saya menyukai banyak foto orang yang tidak saya kenali, herannya.. kok bisa itu terjadi?? Padahal saya tidak pernah mencoba autolike atau semacamnya pada facebook saya.

My activity log
My Activity Log

Dengan terjadinya hal seperti ini tentunya saya sangat kecewa dengan keamanan Facebook, facebook yang saya kira keamanannya sangat ketat ternyata bisa dengan mudahnya dibobol oleh pembuat autolike yang rata-rata masih bisa disebut Hacker Amatiran.

Untuk memastikan anda menjadi korban autolike atau tidak, silahkan buka "Log Aktivitas" dengan cara masuk ke Profile Facebook lalu klik Lihat Log Aktivitas, bila facebook anda melakukan hal yang aneh seperti menyukai foto orang-orang yang tidak dikenali, itu berarti anda sudah menjadi korban autolike.

Cara Agar Terhindar Dari Autolike

Ada berbagai macam cara agar facebook terhindar dari autolike, saya akan membagikan beberapa cara untuk terhindar dari autolike. Caranya adalah:

Jangan Lakukan Hal Berikut :

  1. Mengklik tautan yang ditampilkan oleh malware.
  2. Mencoba Autolike
  3. Melakukan proses instalasi “Token” yang sebenarnya membypass pengamanan akun Facebook anda.
  4. Menginstal aplikasi yang tidak diketahui kegunaannya dan meminta hak untuk mengakses data akun Facebook anda dan melakukan posting dari akun anda.
Alangkah baiknya kita menghindari ketiga hal tersebut agar facebook kita tetap aman, lalu bagaimana jika sudah terlanjur melakukan itu? Jika sudah pernah melakukan salah satu dari ketiga hal diatas, maka sudah bisa dibilang facebook anda sudah terinfeksi oleh autolike. Tapi tenang saja, kita masih bisa melakukan sesuatu untuk menghapus dan menghindari hal tersebut, caranya adalah:
  1. Buka "Pengaturan"
  2. Klik "Aplikasi"
  3. Klik "Tampilkan Semua Aplikasi"
  4. Hapus Aplikasi Yang Mencurigakan
Facebook aplication
Aplikasi Facebook

Overview Autolike :

Salah satu spam dikomputer yang bekerja dengan metode counter, ciri-ciri ini biasanya adalah Auto Comment (Bot Comment), Auto Post (Mempublikasikan sesuatu di grup secara otomatis), Auto Like (Meng-like status orang secara otomatis). Jika anda mengalami seperti ini bisa jadi akun anda akan diblokir oleh pihak facebook.

Perlu anda ketahui Autolike hanya dapat mengirimkan pesan secara otomatis berdasarkan alamat token yang sebelumnya sudah diinputkan oleh user saat melakukan register autolike. Alamat token user adalah berasal dari hasil enkripsi otomatis, berdasarkan nama user dan password beserta emailnya.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat diambil sebuah kesimpulan sebagai berikut :
Bila user mengganti nama (alamat) akun, email, dan passwordnya, maka mesin autolike tidak akan dapat memvalidasi untuk mengrimkan pesan secara otomatis sebab alamat token tidak lagi diketahui.

Si Hacker pemilik server autolike dapat dengan mudah mengutak-atik akun fb si user yang sudah melakukan register, apabila si usernya tidak membuat perubahan terhadap keamanan akunnya.

Cara Mematahkan Autolike :

  1. Hapus Aplikasi yang mencurigakan, caranya sudah saya tulis diatas.
  2. Ganti Password facebook anda.
  3. Ganti Username anda (Username facebook hanya dapat diganti 1x saja dan bila anda sudah pernah menggantinya maka lewati langkah ini) Apa itu username? anda bisa membaca Cara Mencari Username Facebook Dan Twitter.
Itulah beberapa cara mematahkan autolike, semoga dengan penjelasan diatas anda dapat mengetahui bahaya autolike dan dapat terhindar dari autolike. Sekian semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Facebook Yang Terkena Autolike
4/ 5
Oleh