Sabtu, 18 Oktober 2014

Belajar Beatbox Tingkat Dasar

Teknik Beatbox Tingkat Dasar -  Hi sobat, pada artikel ini saya akan mengajarkan kepada Anda Teknik Beatbox Tingkat Dasar. Belajar beatbox mudah saja asal ada tekat dan keinginan yang kuat. Berhubung pembahasannya kali ini tingkat dasar, tentunya masih mudah dan tidak terlalu sulit. Oke, langsung saja kita belajar.

Billy Beatbox, Indonesian Beatbox'ers
Billy Beatbox, Indonesian Beatbox'ers

Teknik Dasar Beatbox

Teknik dasar pada beatbox ada 3 suara yaitu B, T dan K. Maksudnya bagaimana? apakah dengan mengucapkan B T K itu sudah dianggap beatbox? Tentu tidak! Ada cara pengucapannya sendiri.
  • B itu Kick Drum/Bass Drum
  • T itu Hi Hat
  • K itu Snare
Dari ketiga suara tersebut kita sudah bisa membikin beat-beat yang unik dan keren. Untuk cara pengucapannya saya akan menjelaskan mulai dari B, T dan kemudian K. Silakan simak baik-baik.

1). B - Kick Drum/Bass Drum
Cara mengucapkannya adalah tutup dulu mulut Anda rapat-rapat, lalu ucapkan 'BU' atau 'BUF' dengan nafas tertahan. Anda bisa mengucapkan 'BU' dengan mudah. namun, untuk mengucapkan 'BUF' jauh lebih sulit, karena Anda harus mengucapkannya dengan suara huruf U samar-samar. Jadi suara U tidak begitu terdengar, yang terdengar adalah B(u)F. Yang penting suara bass-nya terdengar, teruslah berlatih sampai Anda mendengar suara bass dari mulut Anda. Jangan hanya berpacu pada suara 'BU' atau 'BUF'. Namun, Anda harus mencari suara bass.

2). T - Hi Hat
Cara mengucapkannya adalah Anda harus mengeluarkan kata 'Tci' atau 'Tchi'. Sekarang coba Anda baca kata ini 'Tchi-Tchi-Tchi'. Kalau sudah lancar berarti Anda sudah bisa. Sekarang lancarkan lagi sampai benar-benar lancar.

3). K - Snare
Ini adalah yang paling sulit dari teknik-teknik sebelumnya. Karena untuk mengucapkan 'K' harus ada tarikan nafas seperti yang dilakukan orang ketika sakit gigi. Bingung? Oke saya akan mengajarinya.

Pertama ucapkan dulu 'K' seperti biasa. Selanjutnya coba ucapkan 'Kih'. Kalau sudah bisa, sekarang coba Anda sedot/hirup udara seperti orang sakit gigi. Anggap saja gigi geraham Anda sekarang sedang sakit, biasanya seseorang yang sakit gigi akan menghirup udara dari mulut dan udara itu melewati sela-sela gigi. Sampai disini paham kan?. Kalau sudah paham sekarang ucapkan 'Kih' sambil Anda lewatkan udara yang keluar ke sela-sela gigi.


Nah... Sekarang Anda sudah memiliki 3 suara dasar dari beatbox. Sekarang coba ucapkan pattern yang saya contohkan dibawah ini.

B T K T B T K T 2x.
Ucapkan dulu secara perlahan dan ingat-ingat dengan baik urutannya. Jika sudah hafal coba tingkatkan ritmenya. Lakukan berulang-ulang sampai Anda ahli dan menguasai pattern ini. Jika sudah lancar, Anda bisa membuat pattern-pattern Anda sendiri.

Supaya bisa cepat mahir bermain beatbox tentunya ada tips-tips tersendiri. Apa tipsnya? Tipsnya sederhana saja, yaitu "Jangan pernah malu bermain beatbox" dan "Jangan pernah menyerah jika gagal". Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat bermain beatbox.
  • Jangan pernah malu dan takut diledekin saat bermain beatbox disekolah.
  • Berlatih secara rutin setiap hari dan berhenti jika lelah serta jangan memaksakan.
  • Jika sudah ahli, jangan pernah menjadikan bakat beatbox Anda sebagai bahan untuk disombongkan.
Anda juga bisa mencari tutorial bermain beatbox di youtube. Sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

Belajar Beatbox Tingkat Dasar
4/ 5
Oleh