Sabtu, 18 Oktober 2014

Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya

Mekanisme Kerja Mata, Bagian-Bagian Mata, Fungsi Mata - Pada artikel ini Anda akan mempelajari Mata sebagai Sistem Indra Manusia. Apa saja fungsi mata? Apa saja bagian-bagian mata? Bagaimana mekanisme kerja mata? Itulah beberapa pertanyaan yang akan dijawab pada artikel ini.

Mata Sebagai Sistem Indra

Mata sebagai sistem indra yang berfungsi untuk melihat benda memiliki fotoreseptor (reseptor untuk cahaya) sehingga kita dapat melihat benda dan membedakan warna benda. Inilah bagian-bagian mata serta mekanisme kerja mata.

Bagian-Bagian Mata

Mata terdiri dari beberapa bagian antaralain :

1). Kornea

Kornea merupakan bagian terluar mata dan bersifat tembus cahaya serta selalu dibasahi oleh air mata. Kornea berfungsi melewatkan cahaya kedalam mata dan bertindak sebagai lensa tetap. Pada bagian samping dan belakang bola mata terdapat sklera. Sklera merupakan lapisan terluar yang terdiri atas jaringan ikat berwarna putih dan kuat serta berfungsi sebagai pelindung mata.

2). Iris (Selaput Pelangi)

Iris merupakan bagian mata yang berwarna (hitam, merah, biru, hijau, abu-abu atau cokelat). Iris merupakan selaput yang memberi warna pada mata karena mengandung pigmen. Iris berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke mata. Oleh karena itu, iris dapat mengembang dan mengkerut.

3). Pupil

Pupil merupakan bagian tengah dari selaput iris yang berlubang, berbentuk bulat, dan berwarna gelap. Pupil dapat membesar dan mengecil. Pupil berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya ke mata.

4). Lensa Mata

Lensa mata merupakan bagian mata yang bening dan terletak dibelakang iris. Lensa mata dapat berakomodasi untuk mengatur bayangan benda agar jatuh tepat pada bintik kuning.

5). Retina

Retina merupakan lapisan paling sensitif terhadap cahaya. Retina berisi saraf fotoreseptor yang terdiri atas sel-sel berikut.
a) Sel Batang yang berfungsi menerima rangsang cahaya dengan intensitas lemah dan tidak berwarna. Sel batang mengandung rodopsin (persenyawaan antara vitamin A dengan protein).
b) Sel Kerucut yang berfungsi menerima rangsang cahaya yang berwarna atau terang. Sel kerucut mengandung pigmen iodopsin yaitu iodopsin merah, biru dan hijau.

6). Bintik Kuning

Bintik kuning merupakan cekungan yang terdapat pada retina. Suatu benda akan terlihat jelas apabila bayangan benda tersebut jatuh tepat pada bintik kuning. Hal ini karena pada bintik kuning terdapat banyak reseptor.

7). Bintik Buta

Bintik buta merupakan tempat masuk dan membelok-beloknya berkas saraf menuju otak. Bintik buta tidak dapat menanggapi rangsang cahaya karena tidak memiliki sel-sel reseptor.

Bagian-Bagian Mata
Bagian-Bagian Mata

Mekanisme Kerja Mata

Manusia dapat melihat suatu benda jika ada cahaya yang mengenai benda, kemudian benda tersebut dapat memantulkan cahaya ke arah mata. Pantulan cahaya tersebut akan menembus kornea dan diteruskan melalui pupil. Banyak sedikitnya cahaya yang masuk tergantung pada daya akomodasi pupil. Cahaya tersebut diteruskan menuju lensa mata. Selanjutnya, lensa mata akan mengatur kecembungannya sehingga cahaya bisa jatuh tepat pada bintik kuning. Rangsang cahaya diterima oleh sel-sel penglihat dan diteruskan oleh urat saraf sampai ke otak. Otak akan menerjemahkannya sehingga manusia dapat melihat. Mata manusia dikatakan normal apabila bayangan jatuh tepat pada bintik kuning. Keadaan ini disebut mata emetropi.

Artikel Terkait

Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya
4/ 5
Oleh