Rabu, 01 Oktober 2014

Pengertian Internet dan Intranet

Pengertian Internet dan Intranet - Dalam aktivitas sehari-hari kita tentu sering mendengar kata internet baik disekolah maupun di rumah. Kini untuk bisa bermain internet kita tidak lagi membutuhkan biaya yang mahal. Kita bisa mendapatkan layanan internet di Warnet (warung internet) ataupun dengan cara langganan internet di Handphone.

Lantas, apakah anda tahu apa itu yang dimaksud dengan internet? Pada artikel ini anda akan membaca apa itu Internet dan apa itu Intranet. Kita mulai membahas Internet terlebih dahulu.

Apa Itu Internet?

Internet berasal dari 2 kata yaitu Inter 'interconnected' dan Net 'network'. Berdasarkan namanya, internet dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem jaringan kerja yang menghubungkan jutaan komputer diseluruh dunia baik melalui telepon kabel atau satelit.

Skema Internet
Skema Internet

Internet menghubungkan sebagian besar komputer diseluruh dunia menggunakan bahasa jaringan yang sama yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP berfungsi untuk memastikan semua hubungan dapat bekerja dengan benar dan lancar. Sedangan IP berfungsi untuk mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.

Lalu bagaimana dengan Intranet? ok, kita akan membahasnya sekarang.

Apa itu Intranet?

Intranet adalah sebuah jaringan komputer yang dibangun dengan mengadopsi teknologi internet. Dilihat dari segi jangkauannya, intranet dapat bekerja secara luas layaknya Internet. Namun, untuk masalah privasi dan hak akses pemakaiannya penggunaan Intranet sangatlah terbatas.

Skema Intranet
Skema Intranet

Dikarenakan masalah Privasi dan Hak Akses sangat terbatas, beberapa kantor, perusahaan dan lembaga memanfaatkan keadaan ini sebagai sarana untuk membagikan informasi untuk seluruh karyawannya tanpa harus takut bila informasi tersebut diketahui oleh pihak lain. Perusahaan lain tidak dapat mengambil/mengetahui informasi tersebut bila sarana akses tidak terhubung dengan pihak penyebar.


Itulah pengertian Internet dan Intranet yang sudah saya rangkum dari buku saya ke artikel ini. Apabila ada yang perlu ditanyakan, silakan berkomentar.

Artikel Terkait

Pengertian Internet dan Intranet
4/ 5
Oleh