Sabtu, 15 November 2014

Cara Mempromosikan Blog

Cara Ampuh Mempromosikan Blog Agar Ramai Pengunjung - Mempromosikan blog bertujuan untuk menambah visitor dan tayangan laman pada suatu blog. Dengan berpromosi blog akan senantiasa ramai dikunjungi dan dibaca pengunjung. "Lalu bagaimana caranya mempromosikan blog?" Simak caranya sebagai berikut.

Sebelum Melakukan Promosi

Tentunya sebelum melakukan promosi, kita harus menyiapkan blog kita selayak mungkin untuk pengunjung. Banyak poin-poin yang bisa dilakukan sebelum mempromosikan blog, antara lain :
  1. Buatlah artikel-artikel yang menarik minat pengunjung untuk membaca.
  2. Gunakan template blog yang mendukung. (Simpel, enak dilihat, nyaman, fast loading)
Itulah poin yang paling penting dalam suatu blog. Tanpa kedua itu, pengunjung tidak akan betah di blog dan bisa-bisa pergi seketika tanpa membaca artikel yang Anda tulis. Sebaiknya Anda sudah melakukan persiapan ini dengan matang.

Cara Ampuh Promosi Blog
Cara Ampuh Promosi Blog

Cara Mempromosikan Blog

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan blog. Antara lain; promosi di sosial media, mempromosikan ke teman, menyewa jasa google adwords, dan masih banyak lagi. Kita akan membahas cara berpromosi yang paling efektif dan benar-benar bisa mendatangkan pengunjung.

1). Trik Ampuh Berpromosi Di Sosial Media

Sering orang menggunakan sosial media seperti 'facebook' sebagai sarana untuk berpromosi, namun tidak sembarang cara bisa dilakukan, tentunya kita harus memilih cara terbaik untuk mempromosikan blog di facebook agar banyak orang yang tertarik dan mengunjunginya.

Lalu bagaimana cara berpromosi seperti itu?. Cara yang pertama adalah Anda harus memiliki teman se-Tema dengan blog Anda. Maksudnya bagaimana?. Jika blog Anda bertemakan Game, maka Anda harus memiliki banyak teman Gamers.

Cara ke dua masih tidak beda jauh dengan diatas, jika Tema blog Anda tentang Tutorial Blogging, coba Anda masuki grup yang anggotanya kebanyakan adalah seorang blogger. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan lebih banyak trafik karena Tema blog Anda sesuai dengan Hobi mereka.

2). Promosi Ke Teman Dekat / Sahabat

Yang namanya teman baik pasti tidak akan pernah mengkhianati temannya. Coba Anda promosikan blog Anda kepada mereka, pasti mereka akan mengunjungi blog Anda. Jangan pernah malu untuk berpromosi, sejelek apapun blog Anda, yang penting itu adalah hasil kerja keras Anda sendiri. Sahabat Anda tidak mungkin mengejek dan justru malah memuji blog Anda, dan bisa-bisa mereka malah ingin diajarin bikin blog. Hahaha...

3). Mempromosikan Blog Dengan Modal

Setelah merasa kurang puas jika mempromosikan blog dengan cara gratisan, apakah terpikir di benak Anda untuk menyewa jasa promosi? Anda bisa mencoba google adwords untuk mempromosikan blog Anda, atau Anda bisa menyewa jasa iklan di blog orang lain.

Tentunya jika Anda menyewa jasa iklan di blog orang lain, usahakan temanya sama dengan blog Anda. Kalau blog Anda bertema Software, ya carilah penyedia jasa yang memiliki blog bertema software, jangan malah anime.

Sebenarnya masih banyak cara berpromosi yang berbayar, tapi sengaja tidak saya sebutkan karena ini sama saja tidak memotivasi Anda untuk berpromosi secara kreatif. Jujur saja saya kurang suka dengan yang berbayar. Kalau bisa gratis, ngapain bayar?.

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Berpromosi

Ada beberapa hal yang harus dihindari ketika Anda mempromosikan blog. Jangan sampai kehadiran Anda berpromosi dapat mengganggu aktivitas orang lain dan membuat mereka merasa jengkel. Yang harus Anda hindari antara lain :

1). Spam

Spam adalah salah satu tindakan melakukan promosi secara terus menerus. Biasanya spammer mempromosikan blognya di grup-grup facebook. Tentunya hal seperti ini sangat mengganggu bagi member grup tersebut, dan tak lama kemudian admin grup tersebut akan meng-kick si spammer dari grup.

2). Konten Dewasa

Jangan pernah mempromosikan konten Anda yang berbentuk Pornogrfi / Judi dan lain-lain. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu apalagi jika dilihat oleh anak dibawah umur.

3). Penipuan

Jangan pernah mempromosikan penipuan yang tujuannya hanya untuk menguntungkan diri Anda sendiri. Berpikirlah 2x untuk hal ini, berpikirlah bagaimana nantinya orang yang Anda tipu akan merasakan kekecewaan.


Itulah tips-tips mempromosikan blog. Semoga bermanfaat dan Anda bisa memperoleh hasil yang memuaskan dari tips ini. Tentunya jangan pernah menyerah jika blog Anda masih sepi. Sekian, selamat berjuang.

Artikel Terkait

Cara Mempromosikan Blog
4/ 5
Oleh

17 komentar

15 November 2014 12.33 delete

Promosi offline juga greget :v

Reply
avatar
15 November 2014 12.39 delete

Kalo pengen promosi offline harus jadi Guru..

"Ya anak-anak kalian bisa mengunjungi blog saya di www.masterbama.blogspot.com(sambil nulis di papan tulis)" :v

Reply
avatar
17 November 2014 14.52 delete

menarik sekali ulasannya kang, terimakasih sudah berbagi

Reply
avatar
7 Mei 2015 13.49 delete

Postingan yang sangat menarik, dengan blog walking ini saya berharap dapat menaikan rating blog saya.
Terima kasih banyak

Reply
avatar
12 Mei 2015 10.47 delete

Jika saya menaruh url blog tentang kesehatan di blog anda tentang tutorial apakah itu termasuk spam...

Reply
avatar
25 Mei 2015 11.30 delete

Kalau saya untuk saat ini lebih suka promosi lewat situs pasang iklan gratis seperti tokoterbagus.com dan reselleragent.com, sebab website mereka di desain dofollow dan banyak pengunjungnya. Biasanya situs pasang iklan adalah situs jual-beli jadi banyak dikunjungi orang yang lagi cari semua kebutuhan. Sekian Salam seowaps.com

Reply
avatar
11 Juni 2015 18.21 delete

Trimaksih, sangat bermanfaat. Ijin nambah blog comment langsung approve di http://pesantrensuluk.blogspot.com/

Reply
avatar
18 Juli 2015 04.15 delete

mantap artikelnya, sangat bermanfaat,, makasih banyak bro

Reply
avatar
26 September 2015 21.19 delete

akan dicoba ni mas, tks
www.mediareferensi.com

Reply
avatar
22 Oktober 2015 15.56 delete

silahkan mengunjungi blog saya
https://yuokysurinda.wordpress.com
dan kalau tidak keberatan mohon klik like ya pada link dibawah ini
https://www.facebook.com/OtoritasSemu

Reply
avatar
14 Maret 2016 15.09 delete

Mantap iklannya gan, saya coba dulu tipsnya semoga bermanfaat, terimakasih atas tipsnya :)

Reply
avatar
9 April 2016 09.31 delete

thanks, infonya sangat bermanfaat.
mau tau informasi yang unik dan berbeda kunjungi www.nhmanora.blogspot.com

Reply
avatar
28 Mei 2016 20.10 delete

Thanks atas infonya dan jangan lupa mampir juga ke blog saya
http://danteoksalat.blogspot.co.id/

Reply
avatar
25 September 2016 16.08 delete

makasi bang infonya, sebelumnya perkenalkan saya blogger baru yang kebetulan membahas seputar game untuk melihatnya bisa kunjungi web saya http://www.hobikami.com

untuk sekedar berbagi dan memberi masukan terimakasih

Reply
avatar
25 September 2016 20.13 delete

Mampir dong gan
Www.terowongankita.blogspot.com

Reply
avatar
26 September 2016 21.01 delete

mantappp....makasihh moga bermanfaat....
yuliaenuropiq.blogspot.co.id

Reply
avatar

Mohon masukkan saran / kritikan Anda. Atau tanyakan sesuatu yang tidak Anda pahami. Free promosi asal sopan.