Sabtu, 15 November 2014

Belajar SEO Bersama

Belajar SEO Bersama

Kita tentunya dapat belajar SEO dimana saja seperti di Facebook Group, atau di forum-forum yang membahas tentang blogging dan SEO. Menurut saya kedua tempat itulah yang paling bagus untuk belajar SEO. Namun Anda juga bisa belajar secara Otodidak(belajar sendiri) kalau Anda tidak berminat untuk belajar dengan orang lain. Berikut ini adalah tempat yang cukup efektif untuk mempelajari SEO.

Tempat Belajar SEO Bersama

Ada banyak tempat dimana kita bisa mempelajari SEO. Ilmu SEO akan lebih cepat dipahami jika seseorang belajar ditempat yang benar, dan tentunya akan lebih cepat dalam memahami SEO. Berikut adalah tempat-tempat yang cocok untuk Belajar SEO Bersama.

1). Di Facebook Group

Kita dapat mempelajari SEO di facebook, caranya adalah Anda harus memasuki grup yang bertema SEO dan didalam grup tersebut harus ada seorang master/pakar SEO yang bisa membimbing member-membernya untuk belajar SEO bersamanya. Mulailah belajar sedikit-demi sedikit, dan jika ada sesuatu yang tidak Anda ketahui jangan ragu untuk bertanya kepada sesama member. Anda juga bisa memasuki grup Belajar SEO Bersama di facebook.

2). Di Forum Blogger

Banyak forum-forum blogger atau komunitas yang membahas tentang SEO. Anda bisa mencari komunitas tersebut di google dengan keyword "Forum Belajar SEO" atau dengan keyword lain yang masih berhubungan. Disana Anda akan mengenal banyak sekali blogger yang mempelajari SEO, dari newbie hingga master.

3). Di Kursus SEO

Jika Anda memiliki uang untuk mengikuti sebuah kursus. Maka tidak ada salahnya kalau Anda mengikuti Kursus SEO atau Sekolah SEO. Disana Anda tidak hanya belajar namun juga praktek. Banyak trik-trik jitu yang akan diberikan oleh guru Anda, dan dari situlah Anda bisa belajar untuk meraih pageone google.

Keuntungan lainnya jika Anda kursus adalah Anda bebas bertanya kepada guru Anda, dan guru Anda akan senantiasa menjawab pertanyaan Anda tanpa ragu-ragu dan tidak ada yang disembunyikan. Tidak seperti di Grup atau Forum yang jika ada yang bertanya, member lain pelit untuk menjawab dan membagikan ilmunya.

Belajar SEO Bersama
Belajar SEO Bersama

Kegiatan Belajar SEO Bersama cukup efektif jika dibandingkan dengan belajar sendiri secara otodidak. Kita bisa mengerti dengan cepat karena ada orang yang bisa diajak berkomunikasi. Sampai saat ini saya masih tetap belajar SEO di facebook dan tentunya di Grup Belajar SEO Bersama. Mungkin Anda juga pernah berpikir. Apa yang dipelajari ketika belajar SEO?. Saya akan menjawab pertanyaan itu.

Apa Saja Yang Dipelajari Ketika Belajar SEO

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari tentang SEO. Lalu apakah arti SEO sendiri? SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization yang artinya Optimasi Mesin Pencari. Dengan SEO kita akan belajar mengoptimasi mesin pencari seperti Google. Apa yang dimaksud optimasi? Kita mengoptimasi mesin pencari supaya konten blog kita bisa menjadi pageone(yang teratas) di mesin pencari.

1). Membuat Konten Berkualitas

Membuat konten berkualitas adalah hal yang utama karena Content Is King. Jika konten sudah sangat bagus dimata google, tanpa SEO-pun kita bisa mendapatkan Pageone Googe(artikel muncul pada halaman pertama google). Kita bisa memaksimalkan SEO pada artikel blog dengan membuat konten yang berkualitas.

Bagaimanakah konten yang berkualitas itu? Konten yang berkualitas adalah yang memiliki setidaknya lebih dari 600 kata, menggunakan tag heading, menggunakan bold, italic dan underline dalam penulisan serta apa yang dibahas dalam artikel tersebut lengkap.

2). Mencari Backlink

Pengertian Backlink adalah sebuah link balik. Dengan mencari backlink untuk artikel atau blog kita, maka bisa dipastikan blog kita memiliki banyak backlink. Lalu untuk apa backlink tersebut?. Backlink adalah link balik, google menyukai sebuah blog yang memiliki banyak link balik, karena dengan memiliki banyak link balik maka google akan menganggap kalau blog kita bagus karena link blog kita ada dimana-mana.

Tidak semua backlink bisa mendorong SEO untuk blog. Backlink juga ada yang berkualitas, backlink yang berkualitas adalah yang memiliki Pagerank lebih dari 1. anggap saja 100 backlink PR0 = 1 backlink PR1.

3). Optimasi Blog

Ada banyak optimasi yang bisa dilakukan seperti mengoptimalkan gambar, mengatur robots.txt, mengatur tag tajuk robot, memberikan tag deskripsi dan lain-lain. Melakukan optimasi cukup efektif untuk mendorong SEO suatu blog. Karenanya dengan melakukan ini blog kita akan semakin SEO Friendly.

4). Dan Masih Banyak Lagi

Tentunya masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menambah SEO suatu blog.


Itulah beberapa aktivitas yang dilakukan ketika belajar SEO dan beberapa tempat untuk belajar SEO. Jika ada yang perlu ditanyakan silakan berkomantar. Janganlah pernah menyerah sebelum anda berhasil. Happy Blogging!

Artikel Terkait

Belajar SEO Bersama
4/ 5
Oleh