Jumat, 28 November 2014

Cerita Pendek 'Hacker Gagal Yang Menjadi Blogger'

Cerpen "Hacker Gagal Yang Menjadi Blogger" - adalah sebuah kisah yang menceritkan perjuangan seorang hacker dimana dia gagal dan akhirnya dia memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Diambil dari kisah nyata pemilik blog ini.

Cerita Pendek "Hacker Gagal Yang Menjadi Blogger"
Gamer > Hacker > Blogger

Hacker Gagal Yang Menjadi Blogger

Nama Gue Jamaluddin, akrab dipanggil Jamal. Gue adalah seorang bocah yang bersekolah di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Disanalah gue sekolah dan menuntut ilmu, disanalah gue belajar menghargai satu sama lain, disanalah gue punya banyak teman, dan disanalah terciptanya sebuah kisah ini. 

Awal masuk sekolah, gue hanya bisa plonga-plongo melihat keadaan dimana tak satu pun orang yang gue kenal. Gak ada satu pun temen SD gue yang sekolah disini. Jadi saat kelas 7 adalah saat dimana gue mencari teman, saat dimana gue berkenalan dengan teman sekolah. 

Hanya itulah kisah gue saat kelas 7, tak ada apapun yang menarik. Namun, saat gue kelas 8, inilah yang paling seru selama gue bersekolah di sekolah ini. 

Kisah ini terjadi saat gue duduk di kelas 8. Saat itu gue hanyalah seorang gamer yang bisanya cuma main game, yang bisanya cuma duduk di depan laptop sambil mentelengin permainan yang gak ada gunanya. 

Anehnya teman-teman gue pada minta permainan yang gue mainin. Padalah permainan itu adalah permainan lama, seperti RCT2 dan RCT3. Padahal gue mainin permainan itu tujuannya adalah untuk mengingat masa lalu dimana Ayah gue membelikan Kaset Game RCT2 & RCT3. 

Waktu terus berlalu dan akhirnya gue bosan menjadi seorang gamer. Gue mau belajar sesuatu yang baru yaitu ‘Hacking’. Gue pun mempelajarinya sedikit demi sedikit, kode demi kode, molekul demi molekul, dan atom demi atom. 

Akhirnya gue bisa sedikit tentang Hacking. Gue mulai membuat apa itu yang namanya Phising. Phising adalah sebuah web tiruan/palsu yang meniru suatu web terkenal yang tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi pribadi si korban. Cara kerjanya adalah gue membuat web Phising Facebook, tampilah web tersebut gue bikin semirip mungkin dengan tampilan Login Facebook, dimana nanti jika ada orang yang login kesitu menggunakan Email & Password facebooknya, maka Email dan Password dia akan langsung gue ketahui dan saat itu juga gue langsung hack facebooknya. Hahaha.. memang sedikit kejam. 

Selain Phising gue juga menemukan hal baru yaitu keylogger. Keylogger adalah sebuah software dimana komputer yang dipasang software itu akan merekam semua yang diketikkan keyboard, ntah itu password atau hanya tulisan tak berguna, semuanya terdeteksi oleh software itu. 

Inilah dimana saat gue menjadi nakal-nakalnya bocah. Terpikir dalam benak gue untuk memasang software tersebut di Lab Komputer Sekolah. Alhasil tidak nihil, banyak bocah-bocah sekolah gue yang terkena keylogger yang gue pasang. Gue dapet banyak facebook, twitter, bahkan akun google seperti Gmail. Wow.. memang awal yang bagus bagi Hacker amatiran seperti gue. 

Gue gak sendirian jadi hacker, saat itu gue membentuk sebuah komunitas yang bernama ‘MUSASI Cyber Team’. Anggotanya lumayan banyak tapi yang aktif hanyalah Gue, Eka dan Rama. 

Lalu pada suatu hari, ada anak baru yang pindah sekolah, orang tuanya menyuruh dia sekolah disini, dan akhirnya dia sekelas sama gue. Namanya Dea, dia orangnya rada aneh, suka nyanyi-nyanyi gak jelas, pokoknya nyebelin banget. 

Aneh sih gak papa asal jangan keterlaluan. Bayangin aja, setiap pelajaran berlangsung dia gak pernah memperhatikan, kerjaannya selalu duduk di belakang main laptop, dipanggil guru kadang dia juga gak peduli. Akhirnya semua teman sekelas gue pada risih dengan kedatangannya. Gak malah membuat bangga anak 8F, tapi malah bikin malu. 

Terpikir dalam otak nakal gue untuk mengerjainya, tapi gue bingung mau ngerjain gimana. Setelah lama berpikir akhirnya ide ini pun muncul. Setelah gue rundingan sama anak MCT, dan mereka semua setuju sama ide gue. 

Jam sholat telah tiba, dan ini adalah waktunya untuk menjalankan aksi nakal anak MCT. Disaat semua anak cewek udah keluar, gue coba pasangin keylogger di laptopnya si Dea. Pas gue nyalain laptopnya dan ternyata gak ada passwordnya, wah sungguh keberuntungan bagi gue. Cepat-cepat gue pasang keylogger di laptopnya dan menunggu dia untuk login ke Facebooknya. 

Keesokan harinya, masih pada jam yang sama, gue sama Rama coba cek keyloggernya dan ternyata, gue dapet password FB & Twitternya. Langsung gue sebarin passwordnya ke anak MCT 8F dan akhirnya hampir semua anak cowok tau passwordnya. Mulailah kenakalan kami untuk mengendalikan akun sosial media miliknya. 

Saat dia masuk kelas dan ingin login ke Facebooknya, tapi ternyata tidak bisa. Gue lihat dari jauh sepertinya dia kebingungan banget. Saat ini kami bisa tertawa. Tapi tak lama kemudian, kami menyesal telah tertawa tadi, karena ternyata dia minta bantuan temen-temen cewek kelas gue, ada yang bilang kalau password facebook bisa dikembalikan lewat Konfirmasi Email, wah emang bener-bener keterlaluan tuh cewek-cewek, udah ngehack susah-susah malah FBnya diambil lagi. 

Bel pulang sudah berbunyi dan gue pulang kerumah. Sesampai dirumah gue nyalain laptop dan main facebook untuk melepas lelah sepulang sekolah. Gue lihat si Dea lagi online, “ah biarlah, udah keberuntungan dia tuh FB bisa balik” ucap gue dalam hati. Gak lama kemudian gue inget, selain bisa bikin Phising FB, gue kan juga bisa bikin Phising Gmail, kenapa gak gue phising aja tuh anak. 

Berhubung dia adalah Fans Coboy Junior, gue coba minta foto Coboy Junior ke dia. Gue bilang “Hey.. boleh minta foto coboy junior gak? Kirimin ke email aku ya?” chat gue ke dia di FB. Sambil ngirimin pesan begitu, tak lupa gue kirim link phising gmail bikinan gue ke dia. Gue menunggu dan terus menunggu respon darinya. Setelah beberapa saat dan akhirnya dengan bodohnya dia pun membuka link phising milik gue dan login menggunakan email + passwordnya. Saat itu juga, ketika dia habis login, langsung gue masuk ke akun gmailnya dan gue ganti passwordnya. 

Setelah dapat akun gmailnya, gue coba hack FBnya lagi melalui Konfirmasi Email, dan akhirnya FBnya jadi milik gue lagi. Hahaha … Kemenangan hanyalah milik gue seorang. 

Setelah sekian lama dia gak bisa login ke FBnya, akhirnya dia bikin FB baru. Sekarang kemenangan semakin menjadi milik gue karena itu tandanya dia udah nyerah untuk merebut kembali Facebook lamanya. 

Setelah kisah tentang ngerjain anak baru, sekarang kembali lagi ke keylogger. Saat gue mengikuti Ekstra Komputer dan tentunya diadakan di Lab Komputer. Gue sama Eka mencoba melihat hasil keylogger minggu ini. Wah ternyata dapat banyak akun, terutama anak kelas seangkatan gue. 

Salah satu korbannya adalah Husnia, teman sekelas Eka yaitu kelas 8D. Gue coba masuk ke Facebooknya dan ternyata bisa! Ingin rasanya gue otak-atik hari ini juga tapi waktu jam ekstra telah habis dan gue harus pulang. 

Pada saat dirumah sepulang sekolah, gue bermain facebook dan gue lihat Facebooknya Husnia, habis itu gue lihat Timelinenya. Kok ada foto-foto aneh sama status gak jelas? “Biarin aja lah itu Facebook dia ngapain gue urusin” pikir gue. 

Besoknya sepulang sekolah, gue dirumah main Facebook lagi, gue lihat Timelinenya Husnia. Gue terheran “Lho kok foto-foto yang kemarin gak ada..” “Ah, biarlah, itukan FB dia” pikir gue lagi. Kebetulan saat itu Husnia juga lagi online. Gue chat dia “Woi.. FB loe habis gue hack, silakan ganti passwordnya” chat gue ke dia, dan kebetulan password facebooknya gak gue ganti. 

Besoknya di sekolah, gue ketemu Husnia. Tiba-tiba dia marah marah ke gue, dia bilang gue yang upload foto-foto aneh tersebut. Gue bilang “enggak”, karena memang bukan gue yang upload, tapi dia terus ngotot karena kemarin gue bilang kalau gue yang hack facebooknya. Gue bingung, kenapa kok bisa jadi kayak gini?. Lalu gue inget, kalau yang tau password facebooknya bukan gue aja, tapi Eka juga tau. Kebetulan Eka juga ada di TKP. Gue panggil Eka dan gue tanya ke dia siapa yang upload foto itu. Ternyata memang benar, Eka yang upload foto itu. Akhirnya Gue dan Eka meminta maaf kepada Husnia dan janji gak ngehack Facebooknya lagi. 

Di sekolah main keylogger dan dirumah main Phising untuk nipu-nipu. Jujur saja, korban saat itu ada sekitar 50 akun bahkan lebih. Tapi kebanyakan korban dari phising karena gue menyebarkannya luas di dunia maya. 

Hari terus berlalu, semakin banyak akun yang gue koleksi, dan akhirnya banyak teman yang mengetahui kegiatan gue itu. Sering dikelas bahkan semua anak kelas 8 memanggil gue “Hacker, hacker woi Jamal hacker”, ”Mal ajarin hack FB” dan sebagainya. Banyak kata yang diucapkan teman-teman gue, dan itu membuat gue semakin risih, karena sejatinya seorang hacker adalah orang yang tidak dikenali, namun kenapa semua orang mengetahui kalau gue ini seorang Hacker? Padahal ilmu gue masih cetek dan belum tahu banyak tentang Hacking. 

Waktu terus berlalu dan akhirnya gue ketahuan memasang keylogger di Lab Komputer. Gue dimarahin sama guru TIK gue, sebut saja namanya Pak Agung. Gue bingung mau bilang apa, rasanya dunia ini telah berhenti. Pak Agung memanggil gue dan sepertinya gue akan dimarahi habis-habisan. 

Setiba di depan Pak agung, gue pun diberi pertanyaan. Tentunya pertanyaan ini membuat gue sedikit bingung. 

Mas, ngapain kamu pasang keylogger di lab computer?” tanyanya. “Cuma iseng pak” Jawab gue. “Terus itu bagaimana Facebook yang kamu hack?” tanyanya. Wah mungkin Pak Agung menyebut Facebooknya Husnia. Gue jawab “Gak saya apa-apain pak, sudah saya kembalikan”, “Sudah minta maaf?” tanyanya lagi, “Sudah pak” jawab gue. 

Saat itu gue malu banget karena ketahuan. Tak lama kemudian Pak Agung mendatangi gue lagi dan berkata “Saya nggak marah kok mas, iseng si boleh tapi jangan sampai kayak gitu” “Oh ya, kalau punya keylogger yang bisa mendeteksi On Screen Keyboard hubungi saya ya..” sambungnya. Gue berpikir “Ini gimana sih? Tadi dimarahin sekarang malah minta keylogger, tapi gak papa lah yang penting gue gak kena pelanggaran”. “Iya pak” jawab gue. 

Bosan jadi Hacker yang kerjaannya hanyalah merugikan orang lain, gue coba bikin Blog. Awalnya sih biasa aja tapi kenapa lama-lama gue kecanduan ngeblog. Blog gue yang pertama beralamatkan http://www.masterbama.blogspot.com

Saat pertama bikin blog, gue seneng banget, rasanya seperti memiliki situs pribadi di dunia maya. Saking senengnya gue sampai promosiin sana sini, promosiin di facebook, twitter, dan social media lainnya. Rasanya pengen semua temen gue tau kalau gue punya blog sendiri, padahal waktu itu blog gue masih jelek. 

Ngeblog Awalnya memang susah, tapi lama-lama kebiasaan dan akhirnya benar benar menguasai. Kegiatan blogging seperti membuat Postingan, mengganti template dan sebagainya. Tentunya masih banyak lagi yang menarik. 

Di dunia blogging gue tahu apa yang namanya SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization yang artinya adalah Optimasi Mesin Pencari, bagaimana cara membuat blog kita muncul pada halaman paling atas pada pencarian google. 

Salah satu teknik SEO adalah dengan cara menulis artikel yang panjang, paling tidak 600 kata, menambahkan Bold, Italic, dan Underline, tak lupa juga membuatnya menjadi Justify agar rata kanan dan rata kiri serta lebih rapi jika dipandang. Tak lupa juga memberikan Backlink / Link balik. 

Gue gak hanya seneng tapi gue udah kecanduan ngeblog. Pernah waktu itu gue gak tidur seharian demi membuat beberapa artikel untuk dipublikasikan di blog. Inilah saat-saat dimana gue untuk pertama kalinya begadang. Kegiatan ini lumayan sering gue lakukan, bahkan setiap malam minggu gue gak pernah tidur. Bisa dibilang selain kecanduan ngeblog, gue juga kecanduan begadang. Habis mau gimana lagi? Kalau malam internetnya ngebut banget. 

Akhirnya sekarang gue udah kelas 9 dan keadaan blog gue sungguh berbeda jauh dari sebelumnya, dulu waktu kelas 8 mungkin sehari visitor blog gue hanya 30/hari, namun sekarang visitor blog gue bisa mencapai 1500/hari bahkan lebih. Jujur saja, kegiatan blogging yang paling seru adalah ketika melihat visitor yang terus bertambah. 

Oh ya.. gue gak sendirian jadi blogger, gue punya banyak teman blogger di facebook, gue juga memasuki grup-grup blogger di facebook. Itulah yang membuat gue cepat dalam menguasai kegiatan blogging, karena ketika ada sesuatu yang tidak gue ketahui, gue senantiasa bertanya kepada teman-teman blogger gue, dan dengan baiknya mereka memberikan jawaban untuk pertanyaan gue tersebut. 

Kembali lagi ke sekolah. Suatu saat guru TIK gue, Pak Agung, memberikan tugas yaitu berupa Membuat Blog. Seluruh anak kelas 9 disuruh membuat blog dimana persyaratannya adalah dalam blog tersebut terdapat 3 artikel. Gue sih tenang-tenang aja, ngapain buat susah-susah, artikel aja waktu itu udah ada 150, sedangkan syaratnya hanya 3. Kalau gini ya tinggal ngumpulin aja. 

Meskipun tugas membuat blog udah kelar, tapi gue masih tetep aja dapet repot. Ada beberapa temen gue yang minta dibikinin blog. Wah emang kebangetan nih, kalau diajarin sih boleh, tapi ya jangan gue juga yang buatin. Gue pun ajarin beberapa temen gue yang memang waktu itu kelihatannya mereka sangat membutuhkan bantuan gue. Salah satu temen gue yang minta diajarin adalah Ubed, dia anaknya baik, mangkannya gue mau share sedikit ilmu gue ke dia. 

Ubed memang anak baik, meskipun ilmu dia dalam dunia blogging bisa dibilang masih cetek tapi kelihatannya dia cukup serius menekuninya. Sepertinya dia juga ingin memiliki blog seperti milik gue yang visitornya udah ribuan per hari. Memang tidak mudah untuk membangun blog sampai memiliki pengunjung ribuan per hari, butuh tekad yang kuat untuk menggapai hal tersebut. Tapi gue yakin, semua orang pasti bisa bila menekuninya. 

Pada saat pengumpuan tugas Blog. Teman-teman gue pada ngumpulin tugasnya termasuk Ubed. Tapi pas ngumpulin Blog, gue gak ngumpulin yang Masterbama melainkan yang www.jamal.web.id . Mungkin lebih bagus pakai domain nama sendiri daripada yang pakai blogspot. 

Pada kelas 9 ini serasa inilah sukses-suksesnya gue. Gue yang dulunya seorang gamer dan hacker yang tak berguna dan hanya bisa menyusahkan orang, sekarang gue adalah seorang blogger yang sepertinya sedikit berguna bagi masyrakat. Setidaknya kegiatan blogging adalah kegiatan positif daripada sebelumnya Cuma bisa main game. 

Gue juga sadar, yang terbantu dari kegiatan gue ini tidak hanya orang disekitar gue aja, melainkan orang banyak di seluruh Indonesia. Kenapa bisa begitu? Sepertinya memang benar jika dilihat dari segi Informasi, karena dalam blog gue terdapat beberapa artikel yang setidaknya bisa membantu masyarakat seperti artike tentang Pelajaran Sekolah. Dan jika blog gue bisa mendapatkan 2000 pengunjung per hari, apakah bisa dibilang kalau hari ini gue sudah membantu 2000 orang tersebut? 

Dampak positif ngeblog memang banyak, tentunya bagi kehidupan gue di akhirat. Selama ini gue membagikan informasi yang bermanfaat, dan insyaallah gue akan mendapatkan pahala atas ilmu yang gue bagikan. Bayangkan jika ribuan orang gue bantu dalam sehari, berapa pahala yang gue dapat? 

Itu tadi dampak positifnya, lalu bagaimana dengan nasib blogger-blogger yang tidak memikirkan hal ini? Maksud saya adalah blogger-blogger yang tidak pernah berpikir kalau kegiatan blogging bisa menghasilkan Pahala dan Dosa. Jika orang tersebut memiliki sebuah blog, dan konten yang dibagikan dalam blog tersebut adalah konten Porno atau Perjudian, dan bila pengunjung blog tersebut mencapai ribuan per hari. Bisa dibayangkan berapa banyak mata manusia yang terzhalimi dan berapa banyak dosa yang ia peroleh dalam sehari. 

Jangan pernah menyalah gunakan sesuatu karena itu bisa berakibat fatal tanpa Anda ketahui. Berbuat baiklah, maka kebaikan akan datang kepadamu. Dan janganlah pernah berbuat buruk, sesungguhnya apa yang Anda perbuat akan kembali ke diri Anda sendiri. 

Jadikanlah sebuah masalah sebagai pelajaran. Pasti ada hikmah dibalik semua masalah. Tetap semangat aja jalani hidup ini. Belajar dari kesalahan, belajar dari kegagalan, dan tentunya jangan pernah menyerah, karena itulah bekal untuk menuju sukses.

Artikel Terkait

Cerita Pendek 'Hacker Gagal Yang Menjadi Blogger'
4/ 5
Oleh

8 komentar

5 Desember 2014 13.16 delete

Cerita gue nih. Pengalaman Asli.

Reply
avatar
3 Januari 2015 11.09 delete

Ceritanya Seru Gan, Aku udah baca dari atas ke bawah Seru banget (y)

Reply
avatar
3 Januari 2015 12.15 delete

Iya makasih sob, btw ini kisah nyata yang saya alami :D

Reply
avatar
26 November 2015 16.53 delete

Boleh ajarin gk cara jadi hacker soalnya aku mau bantu temen aku kena hack fb
Aku juga pernah kena hack
Silahkan email aku yaa

Reply
avatar
30 April 2016 12.42 delete

ternyata bukan gw doang yang punya kisah hidup begini
yang bedanya paling lu mulai main kelas 8 dan gw kelas 7.
temen gw ampe minta ke gw bikinin phising lah itulah inilah
temen bilang gw hacker padahal gw cuma ngerti HTML, CSS, Javascript, Sama PHP.
wkwkwk :v jadi seneng liat blog ente
btw ane paling sama kek lu "Hacker Gagal Yang Menjadi Blogger"
btw ini link blog ane http://sangalienseo.blogspot.com

Reply
avatar
25 Agustus 2016 14.09 delete

para bokepers wajib nonton disini sist:

http://goo.gl/6U5MFk ---> Pria Spesialis Sedot WC Wanita Cuantik

http://goo.gl/FYsStC ---> Ko' Bisa Memek Diacak-acak ya?

http://goo.gl/oGKjeI ---> Hotel Ajang Silaturahmi Beda Kelamin

http://goo.gl/OpI8oW ---> Kontol Extrem Vs Meme Extrem

http://goo.gl/kjudGq ---> KONTOLNYA NYEMPIL DI NENENKU

http://goo.gl/S37Wrl ---> PIDIO NGEWE' GADIS BANDUNG

http://goo.gl/k489co ---> PIDIO SMU 44 JAKARTA

http://goo.gl/3zspkc ---> SPG BERSERAGAM DITRAINING NYEPONG

http://goo.gl/6tW8SF ---> BARU MASUK DAH CROTTT DULUAN!!!

http://goo.gl/P2H5O1 ---> SPG BANDUNG SERVICE PELANGGAN

http://goo.gl/D1LTCS ---> SPG PUTIH CANTIK MEREM MELEKK

http://goo.gl/cXMe66 ---> JILBAB PUTIH NGENTOT

http://goo.gl/aKTcjh ---> GADIS BERKERUDUNG NGEWE'

http://goo.gl/UCbT9G ---> GAIRAH DOKTER MONTOK

http://goo.gl/k49bqx ---> NGENTOT GADIS BERJILBAB

http://goo.gl/GQZoqP ---> GOYANGAN GADIS SMP

http://goo.gl/1XA0iJ ---> NGINTIP TANTEKU LAGI ASYIIKK COLICOLI

http://goo.gl/a0lCmR ---> BOKEP ANAK PESANTREN

http://goo.gl/WdUMIq ---> ASYIKKNYA NGEWE DI SOFA BARU

http://goo.gl/rRZO1B ---> GOYANGAN JANDA MUDA MONTOKKK BANGETTT...

http://goo.gl/gmXcaG ---> NGENTOT DIATAS RANJANG LOSMEN


koleksi bokep ane paling TERBARU gan siap disedot sist:

http://goo.gl/iPXvxM ---> GARA2 SKRIPSI PERAWANKU HILANG

http://goo.gl/hrabN8 ---> MAHASISWI ADUHAI MANTAP DI RANJANG

http://goo.gl/B4FDKc ---> NGEWE DI MOBIL TEMAN

http://goo.gl/yQoZGK ---> NGENTOT GRATIS SERVIS IBU KOST

http://goo.gl/qQZ333 ---> JILAT MEKI LULU SAMPE BASAH

http://goo.gl/uR9Vk6 ---> GOYANGAN BOHAIII...GADIS BERJILBAB

http://goo.gl/rk7u4S ---> MEKI MERAHHHH MEREKAHH BIKIN NAFSU

http://goo.gl/g1Nxq4 ---> TUKANG OJEK NGEWE PENUMPANG CEWE RAME2

http://goo.gl/quwzUR ---> DESAHAN MESRA DEWI PACARKU

http://goo.gl/OzlRua ---> GAYANYA BIKIN KONAK TERUSSS..

http://goo.gl/1BdqzW ---> LOMBA NGEWE DI APARTEMEN BARU

http://goo.gl/w9Oepq ---> BOKEP 2 PASANGAN NGEWE DI PANTAI

http://goo.gl/1SU6fJ ---> SISKA KETAGIHAN NGEWE

http://goo.gl/yytMLo ----> Konti Pria Idaman Wanita

























































































































































































































ini linknya my bro and sist...
jgan lupa ya.. lsg ke bawah ini

http://goo.gl/yytMLo ---> bikin NGACENK loe pade

Reply
avatar
4 November 2016 16.47 delete



mau main taruhan bola online, aman dan terpercaya. agent sbo ibc maxbet resmi. dengan promo bonus member baru dafftar segera di https://goo.gl/OQKZcJ
Whatsapp : +8498764303
BBM : 7AABD79C
WeChat : fifagol
LINE : fifagol
Bank Support : BCA, MANDIRI, BNI, BRI
Facebook : https://www.facebook.com/fifa.gol.7
atau mau liat gambar sexy abg https://goo.gl/8QSaFv atau tante sexy https://goo.gl/Hm3qfT berita bola pun ada https://goo.gl/ltFSUY yuk berkunjung


Prediksi bola dan berita

Abg Sexy Pamer toket

Jablay pamer meki

Agen terpercaya MAXBET

Agen resmi terpercaya SBO*BET

Reply
avatar

Mohon masukkan saran / kritikan Anda. Atau tanyakan sesuatu yang tidak Anda pahami. Free promosi asal sopan.