Selasa, 17 Februari 2015

Jenis-Jenis Musik Barat

Jenis Jenis Musik Barat - Pengertian, Ciri Utama, Tokoh, beberapa macam musik barat seperti Musik Klasik, Musik Latin, Musik Jazz, Musik Rock n' Roll. Artikel ini adalah Rangkuman tentang "Musik Barat".

Jenis Musik Barat
Jenis Musik Barat

Musik Klasik

Musik Klasik memiliki tiga penafsiran :
1. Musik klasik merupakan jenis musik yang lahir atau diciptakan oleh komponis-komponis pada masa klasik sekitar tahun 1750-1800.
2. Musik Klasik ialah jenis musik terkenal yang dibuat atau diciptakan jauh dimasa lalu, tetapi tetap diminati, dimainkan, dan disukai orang sepanjang masa. Sehingga, orang sering menyebutnya sebagai musik abadi.
3. Musik klasik adalah jenis musik yang dibuat masa sekarang, tetapi mengambil gaya, corak, ataupun tehnik yang terdapat pada musik klasik dari zaman dahulu.


Musik Latin

Pengertian

Musik Latin adalah suatu bentuk seni populer yang berkembang di negara-negara Amerika Latin, terutama Kuba. Keunikan musik latin adalah pada jenis struktur ritmik yang terbentuk didalamnya.

Karakteristik musik latin:

  1. Clave : Pola ritmik gabungan yang dimainkan dengan dua stik, sepanjang saat band bermain.
  2. Call and Response inspiraciones : Pertukaran musik antara 2 inspirasi suara, menjadi frase improvisasi oleh vokalis dan instrumentalisnya.
  3. Bajo-tumbao-bass : pola ritmik berulang untuk bass dan konga yang berdasarkan pada clave.

Tokoh musik latin: 

  1. Carlos Santana
  2. Enrique Iglasias 
  3. Christina Aquilera
  4. Shakira

Musik Jazz

Pengertian

Musik Jazz adalah jenis musik yang lahir di New Orleans, Amerika Serikat. Ciri utama dari musik jazz adalah permainan improvisasi, baik dalam irama maupun melodi, kelompok ataupun musiknya. Salah satu elemen penting dalam jazz adalah sinkopisasi.

Tokoh musik jazz:

  1. Charlie Parker (Saxophone)
  2. Benny Goodman (Klarinet)
  3. Louis Amstrong (Trompet)
  4. Duke Ellington (Komponis)

Musik Rock and Roll

Musik rock and roll sering disingkat rock ’n’ roll. Musik ini berkembang di Amerika Serikat akhir tahun 1940an dan mencapai kepopulerannya di awal tahun 1950-an. Ciri khas musik rock and roll adalah pada ketukan (beat) yang biasanya dipadu dengan lirik.

Tokoh musik rock ‘n’ roll:

  1. Elvis Presley
  2. The Rolling Stones
  3. The Beatles

Itulah rangkuman dari Musik Barat, semoga bermanfaat.
Diambil dari : Dokumen Bu Rara.
Jenis-Jenis Musik Barat
4/ 5
Oleh