Kamis, 24 Maret 2016

Besaran Dan Satuan Materi Fisika Kelas 10

Besaran Dan Satuan Materi Fisika Kelas 10 - Selamat pagi, kali ini saya akan share tentang materi pelajaran fisika kelas 10 semester 1, untuk pelajaran kelas 10 semester 1 pelajaran fisika masih cukup mudah, karena menurut saya masih mengulang pelajaran smp tentang Besaran dan Satuan, ini merupakan materi pertama atau bab pertama yang diajarkan oleh guru kelas 10 pelajaran Fisika. Oke langsung saja
Besaran Dan Satuan materi Fisika Kelas 10
Besaran Dan Satuan Materi Fisika Kelas 10

Besaran Pokok

Besaran-besaran yang terdapat dalam pelajaran fisika dapat dikelompokkan jadi dua, yaitu besaran pokok serta besaran turunan. Besaran pokok merupakan besaran yang satuannya sudah didefinisakn dahulu atau ditetapkan dahulu, yang  merupakan berdiri sendiri, dan tak tergantung dengan besaran yang lain. Para ahli sudah menyimpulkan kalau besaran pokok dibagi menjadi tujuh macam besaran.

Besaran Mempunyai Syarat Sebagai Berikut :

  1. Bisa diukur maupun dihitung
  2. Bisa dinyatakan menggunakan angka-angka atau dengan kata lain mempunyai nilai
  3. Memiliki satuan

Pengertian Satuan

Satuan adalah salah satu komponen utama dari besaran yang sudah menjadi standar dari suatu besaran. Karena perbedaan satuan yang terdapat pada masing-masing daerah, para ahli sepakat untuk menggunakan satu satuan yang dipakai untuk internasinal, yaitu menggunakan satuan standar SI atau Sistem Internasional.

1. Satuan Standar Panjang

Satuan panjang berdasar SI dinyatakan menggunakan meter (m). Pada saat sistem metrik dikenalkan, satuan meter diklaim setara dengan sepersepuluh juta kali satu perempat garis bujur bumi melalui kota Paris. namun, penyelidikan awal geodesik membuktikan kalau ketidakpastian standar ini, oleh karena itu batang platinairidium lah yang dianggap sebagai meter.

2. Satuan Standar Massa

Satuan standar massa ialah kilogram (kg). Satu kilogram sama dengan massa sebuah silinder logam yang dibuat dari platina iridium yang saat ini sudah disimpan di Sevres, Prancis. dimana Silinder platina iridium ini memiliki diameter 3,9 cm dan setinggi 3,9 cm. Massa 1 kilogram standar hampir sama dengan massa 1 liter air murni pada suhu 4 oC.

3. Satuan Standar Waktu

Satuan SI waktu merupakan sekon (s). Awalnya ditetapkan jika satu sekon sama dengan 1/86.400 rata-rata gerak semu matahari dalam mengitari Bumi. Selanjutnya, tahun 1956 sudah ditetapkan jika satu sekon adalah waktu yang diperlukan atom cesium-133 untuk bergetar 9.192.631.770 kali.

4. Satuan Standar Suhu

Suhu adalah satuan yang melambangkan derajat panas suatu benda. Satuan suhu ialah kelvin (K), yang ditetapkan sebagai satuan suhu internasional dalam termodinamika yang besarnya sama dengan 1/273,16dari suhu titik tripel air
.

5. Satuan Standar jumlah Zat

Satuan untuk jumlah zat ialah mol. Satu mol sama dengan jumlah zat yang mengandung partikel elementer dengan banyak atom di dalam 1,2 10-2 kg karbon-12. Partikel elementer adalah unsur fundamental yang ikut serta dalam materi di alam semesta. Partikel ini bisa berupa atom, molekul, elektron, serta yang lain-lain.

6. Satuan Standar Kuat Arus

satu ampere merupakan satuan besaran kuat arus, dimana satu amper adalah besar arus listrik setiap mengalir dari kutub positif ke kutub negative melewati 2 kawat yang berdampingan dan sejajar yang terpisah 1 meter dalam kondisi ruang hampa

7. Satuan Intensitas Cahaya

Kandele adalah satuan standar dari intensitas cahaya, dimana 1 kandele merupakan sebuah sumber cahaya di dalam arah tegak lurus dengan permukaan benda berwarna hitam seluas 1/600000 meter persegi di temprature beku platinum.


Itulah seputar Besaran Dan Satuan Materi Fisika Kelas 10. Mempelajari besaran dan satuan memang cukup susah bagi sebagian orang. Namun, apa saja yang di awali dengan niat apalagi untuk belajar, semuanya pasti akan berjalan lancar. Selamat belajar dan semoga sukses.

Artikel Terkait

Besaran Dan Satuan Materi Fisika Kelas 10
4/ 5
Oleh