Selasa, 17 Mei 2016

Apa Itu Rekber? Pengertian Dan Penjelasan Rekening Bersama

Pengertian dan Penjelasan Apa Itu Rekber - Apa sih rekber itu? kok sekarang di facebook atau kaskus sering denger kata rekber kalau ada orang jualan. Pada artikel ini saya akan mengajak Anda untuk membahas apa itu rekber, cara kerja rekber, keuntungan menggunakan rekber, cara memilih rekber yang terpercaya, dan pertanyaan pertanyaan lainya seputar rekber. Oke langsung saja.

Apa Itu Rekber? Pengertian Dan Penjelasan Rekening Bersama
Apa Itu Rekber? Pengertian Dan Penjelasan Rekening Bersama


Pengertian Rekber

Rekber atau kepanjangannya adalah Rekening Bersama, merupakan salah satu jasa pihak ketiga yang sering digunakan dalam transaksi jual - beli secara online. Dengan menggunakan rekber maka transaksi jual beli online akan lebih mudah dan saling mempercayai antara penjual dan pembeli. Maka dari itu tak sedikit para penjual ketika melapakkan dagangannya selalu bilang "Rekber ready", "Rekber silakan", dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Kerja Rekber

Cara kerja rekber yaitu pembeli membayar kepada jasa rekber senilai barang yang mau dibeli, baru setelah itu rekber akan mengonfirmasikan kepada penjual bahwa uang sudah di transfer, sekarang giliran penjual yang mengirim barang kepada pembeli, setelah barang terkirim, penjual harus sesegera mungkin mengonfirmasi kepada rekber bahwa barang telah dikirim. Setelah barang sampai di rumah pembeli, pembeli wajib mengecek kondisi dan kelengkapan barang tersebut, apabila sudah OK, maka pembeli dapat mengonfirmasi kepada rekber bahwa barang sudah diterima. Dan rekber akan mentransfer uang kepada penjual.

Sudah paham? jika belum, saya akan menerangkannya dengan step by step cara kerja rekber.
  1. Penjual dan pembeli menyewa jasa rekber.
  2. Pembeli melakukan pembelian barang namun tidak membayar kepada penjual, melainkan kepada rekber terlebih dahulu.
  3. Pembeli telah melakukan transfer kepada rekber sebesar nominal harga barang yang akan dibeli.
  4. Pembeli melakukan konfirmasi kepada rekber bahwa dia telah mentransfer uang.
  5. Rekber mengonfirmasi kepada penjual bahwa dia telah menerima uang.
  6. Rekber meminta penjual untuk segera mengirim barang pesanan.
  7. Penjual mengirim barang pesanan, dan memberikan bukti pengiriman kepada rekber.
  8. Rekber mengonfirmasi kepada pembeli bahwa barang telah dikirim oleh penjual.
  9. Ketika barang sudah diterima pembeli, pembeli wajib mengecek kelengkapan dan kondisi barang.
  10. Jika dikira sudah OK, maka pembeli melakukan konfirmasi kepada rekber bahwa barang telah diterima.
  11. Rekber meneruskan uang dari pembeli kepada rekening penjual.
  12. Transaksi Online yang Aman dan Memuaskan Telah Selesai ^_^.

Keuntungan Rekber dan Keuntungan Menggunakan Jasa Rekber

Pasti dari kalian ada yang bertanya, terus rekbernya dapat uang dari mana?. Jadi ketika sebelum melakukan transaksi, pembeli dan penjual harus memilih rekber yang menurut mereka terpercaya, dan setelah disepakati, maka mereka akan menyewa rekber tersebut, biasanya rekber meminta fee atau komisi, komisi ini juga tergantung rekbernya, jika barang yang dijual murah maka rekber biasanya juga meminta upah sedikit, tapi jika barang berharga atau mahal, biasanya rekber menyesuaikan dengan harga barangnya.

Lalu siapa yang membayar rekbernya? Yang membayar rekbernya bisa jadi penjual, bisa juga pembeli, dan bisa juga keduanya, tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli sebelum melakukan transaksi.

Apa keuntungan menggunakan jasa rekber? Keuntungannya antara lain : Tidak adanya unsur penipuan, kepercayaan antara penjual dan pembeli, penjual tidak khawatir uangnya tidak di transfer, dan pembeli tidak khawatir barangnya tidak dikirim, transaksi yang aman dan terpercaya dapat dilakukan.

Bagaimana Cara Memilih Rekber yang Terpercaya

Jika Anda memiliki teman atau kenalan yang kebetulan kenal dengan penjual juga, Anda dapat meminta bantuan orang tersebut menjadi rekber Anda. Atau jika Anda tidak memiliki kenalan sama sekali, Anda dapat menanyakan di grup facebook atau kaskus siapa rekber yang terpercaya disitu. Biasanya orang - orang disitu langsung merekomendasikan rekber yang terpercaya atau yang pernah mereka pakai dalam bertransaksi, jadi alangkah baiknya jika Anda menanyakan status rekber tersebut kepada orang yang pernah menyewa jasanya.

Bagaimana agar tidak tertipu rekber gadungan? Selalu tanyakan kepada banyak orang akan status rekber tersebut, jangan tanya kepada satu orang saja, karena kemungkinan mereka bisa bekerja sama untuk menipu Anda.

Pertanyaan Seputar Rekber

1. BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Penjelasan cara menggunakan RekBer dapat dilihat di atas.

2. APA KEUNTUNGAN BAGI PEMBELI?
RekBer yang mengawal progress transaksi online Anda. Penjual tidak akan menerima pembayaran sebelum barang diterima dan dinyatakan berstatus “OK” oleh buyer.

3. APA KEUNTUNGAN BAGI PENJUAL?
Bekerja sama dengan RekBer adalah awal yang tepat bagi Anda, terutama untuk penjual baru, karena terkadang sangat sulit meraih kepercayaan pembeli.

4. BERAPA BIAYA NYA?
Biaya Rekber berbeda - beda tergantung dari rekbernya sendiri. Fee ini dapat ditanggung oleh pembeli atau penjual, dapat juga ditanggung kedua belah pihak, tentunya setelah ada kesepakatan antara pembeli dan penjual.

5. BARANG APA YANG BISA DI TRANSAKSIKAN DI REKBER?
Mulai dari software, domain, console game, hardware komputer, handphone, Blackberry, iPad, sepatu, baju, dll. Selama barang tersebut tidak melanggar undang-undang yang berlaku di Republik Indonesia dan di daerah masing-masing.

6. KAPAN PENJUAL MENERIMA PEMBAYARANYA?
Apabila barang telah diterima dan dinyatakan berstatus “OK” oleh pembeli.

7. BERAPA LAMA BIASANYA PROSES INI BERLANGSUNG?
Tergantung dari cepat tidaknya progress dan respon yang dilakukan oleh pembeli maupun penjual. Untuk proses transfer dana ke penjual maksimal 1×24 jam setelah pembeli mengkonfirmasi status bahwa transaksi telah “OK”.

8. BAGAIMANA JIKA PEMBELI TIDAK KONFIRMASI BARANG YG DI TERIMA?
RekBer memberikan tenggat waktu maksimal 3 hari kerja sejak barang sudah diterima menurut statement dari kurir. Jika tidak ada konfirmasi dari pihak pembeli, maka RekBer akan melakukan pembayaran ke penjual, dengan catatan terlebih dulu mengecek ke jasa kurir yang digunakan pada saat pengiriman. Yang jelas, rekber tidak ingin berlama-lama memegang dana pembeli.

9. BAGAIMANA JIKA PENJUAL MENGIRIMKAN BARANG TAPI TIDAK ADA ISINYA?
RekBer tidak dapat menjamin bahwa keadaan tersebut tidak akan terjadi. Untuk itu, seperti yang tertuang di halaman Ketentuan, pembeli wajib membuka paket di depan kurir logistik agar ada minimal 2 saksi. Jika hal tersebut tetap terjadi, maka RekBer akan menjadi penengah dan tetap menahan dana tersebut sampai ada kesepakatan dari kedua belah pihak. Pada prinsipnya, RekBer menjaga transaksi seadil-adilnya. Seluruh persetujuan (seperti biaya fee, bagaimana jika barang tidak cocok, apa saja yang diberikan, dsb) harus sudah disepakati terlebih dahulu sebelum transaksi dimulai agar proses jual-beli dapat berjalan lancar. Mohon pelajari dengan seksama halaman Ketentuan.

NB: Akan lebih mudah apabila barang yang diasuransikan, dibuka di depan kurir logisitik yang bersangkutan. Sehingga bila barang hilang/ dos kosong, bisa langsung diklaim ke pihak asuransinya dengan saksi yakni sang kurir.

10. SIAPA YANG MEMBAYAR ONGKOS KIRIM?
Hal ini wajib dibicarakan terlebih dahulu antara pembeli dan penjual. Fasilitas RekBer hanya dapat dilakukan jika kedua belah pihak telah setuju mengenai Ketentuan yang berlaku di RekBer.

11. BAGAIMANA JIKA BARANG TIDAK DI KIRIM TETAPI PENJUAL “mengkonfirmasi” BAHWA BARANG TELAH DIKIRIM ?
RekBer akan menghubungi penjual untuk meminta bukti pengiriman. Jika dalam waktu 3 hari kerja sejak penerimaan dana oleh RekBer tidak ada kabar berita, RekBer akan mengembalikan dana pembeli, setelah dipotong fee.

12. BAGAIMANA JIKA BARANG TIDAK SESUAI PERJANJIAN?
Untuk itulah pentingnya pembeli dan penjual saling memberikan informasi yang akurat dan benar. Sangat disarankan untuk menulis hal-hal yang disepakati di situs/thread kaskus.

13. APAKAH PEMBELI DAPAT MENOLAK BARANG?
Barang dapat ditolak jika barang tidak dalam keadaan yang sudah dijanjikan oleh penjual. Dana akan dikembalikan setelah dipotong fee kepada buyer, setelah ada konfirmasi barang diterima kembali oleh penjual (dapat dibuktikan dengan resi ke jasa logistik). Barang tidak dapat dikembalikan, apabila pembeli merasa warna tidak cocok, terlalu kecil, atau tiba-tiba butuh uang sehingga membatalkan transaksi secara sepihak.

14. APAKAH IDENTITAS,ALAMAT,NO REK BANK (baik pembeli dan penjual) AKAN DI KETAHUI ORANG LAIN?
Tidak. Informasi tersebut hanya digunakan oleh administrator RekBer untuk mengirimkan dananya.

15. MENGAPA KADANG JASA REKBER TIDAK MENCANTUMKAN REKENING BANK LENGKAP?
Selain untuk mencegah pembeli langsung mentransfer dana ke RekBer dan akhirnya mempersulit proses pengecekan, kami juga tidak ingin data-data kami digunakan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

16. KEMANA SAYA SEBAGAI PEMBELI HARUS MENTRANSFER DANANYA?
Pembayaran dilakukan ke nomor rekening yang akan diberikan oleh pemilik RekBer yang telah ditunjuk dalam memfasilitasi transaksi anda. Mohon perhatikan dengan seksama nama, nomor rekening bank, nomor telepon, email / Yahoo! Messenger yang tertera di halaman Crew RekBer. Jangan mentransfer dahulu sampai ada konfirmasi dari pemilik RekBer yang ditunjuk. Waspadalah terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan RekBer.

17. SIAPA YANG BERTANGGUNG JAWAB JIKA BARANG RUSAK DI PERJALANAN ?
Sebelum barang diterima oleh pembeli maka tanggung jawab ada pada penjual, ada baiknya pengiriman dilindungi oleh asuransi. Paket yang telah diasuransikan akan menjadi tanggung jawab jasa logistik. RekBer sangat menyarankan untuk mengasuransikan barang berharga yang Anda transaksikan. Rata-rata besaran asuransi adalah 0,2% dari nilai barang, ditambah biaya administrasi. Mohon hubungi jasa logistik yang akan Anda pakai.

18. APAKAH SAYA BISA MENGGUNAKAN REKBER SELAIN DI FACEBOOK?
Bisa, banyak sekali jasa rekber terpercaya saat ini.

19. APAKAH SAYA BISA MEMBATALKAN TRANSAKSI?
Bisa. Sebelum barang dikirim oleh penjual, transaksi bisa dibatalkan. Harap konfirmasikan dulu kepada penjual, jika penjual sudah konfirmasi OK mengenai pembatalan ke RekBer maka seluruh dana akan dikembalikan setelah dipotong fee. Pembatalan ini memerlukan persetujuan kedua belah pihak.

20. BAGAIMANA PROSEDURE PEMBATALAN TRANSAKSI?
Prosedur untuk pembatalan transaksi apabila barang tidak sesuai dengan kesepakatan maka yang pertama dilakukan adalah konfirmasi ke RekBer dan pihak penjual, apabila tidak bisa dinegosiasikan masalah tersebut maka barang bisa direturn ke penjual, setelah penjual menerima kembali barangnya maka dana yang dititipkan ke RekBer dapat dikembalikan dengan dikurangi fee.


Itulah artikel seputar Pengertian dan Penjelasan Rekber, apabila ada yang perlu ditanyakan silakan berkomentar, dan bagi Anda yang ingin menyewa jasa rekber kepada saya silakan saja, saya hanya melayani Rekber via Paypal. Jika Anda berminat silakan kirimkan email ke ; ilovephiww@gmail.com . Sekian semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Apa Itu Rekber? Pengertian Dan Penjelasan Rekening Bersama
4/ 5
Oleh